Sukses

Daftar Ruas Tol Baru Jasa Marga yang Beroperasi di 2018

Ruas tol yang dioperasi pada tahun ini antara lain, ‎tol Ngawi-kertosono, tol Solo-Ngawi, tol Bogor Ring Road.

Liputan6.com, Jakarta - ‎PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan sejumlah ruas tol baru pada tahun ini. Salah satunya yaitu ruas tol Ngawi-Kertosono yang akan dioperasikan pada awal bulan ini.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani meng‎atakan, ruas tol yang dioperasi pada tahun ini antara lain, ‎tol Ngawi-kertosono, tol Solo-Ngawi, tol Bogor Ring Road. Kemudian tol Gempol-Pasuruan, tol Pandaaan-Malang dan tol Semarang-Batang

"Nanti gempol-pasuruan juga ada seksi II dulu, Pandaan-Malang sebagian juga akan beroperasi. Semarang-Batang juga beroperasi tahun ini," ujar dia di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Menurut dia, yang paling dekat untuk dioperasikan yaitu tol Ngawi-Kertosono. Kemudian disusul Solo-Ngawi dan Bogor Ring Road.

‎"Usai Ngawi-Kertosono, selang sebulan Solo-Ngawi akan dilanjutkan. Beda waktu sedikit dengan Solo-Ngawi itu Bogor Ring Road yang paling dulu diluluskan kemarin saat evaluasi sudah langsung diselesaikan. Erection terakhirnya sudah tuntas sekarang," jelas dia.

Meski sejumlah tol telah siap untuk dioperasikan, namun Desi mengatakan masih banyak ruas yang harus dikejar penyelesaiannya. Dia menargetkan pada tahun ini ada 300 km jalan tol yang dioperasikan.‎‎

"Masih banyak (yang harus diselesaikan). Tahun ini mungkin 300 (km), harapan kita 300 lebih," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjil-Genap

Sebelumnya pemerintah melalui Keputusan Menteri Perhubungan dalam waktu dekat akan memberlakukan paket kebijakan dalam rangka menangani kepadatan di tol Jakarta-Cikampek. Salah satunya sistem ganjil genap di ruas tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. 

PT Jasa Marga Tbk mengungkapkan, implementasi paket kebijakan yang salah satunya skema ganjil genap bagi kendaraan pribadi dilakukan selama masa pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional di ruas tol Jakarta-Cikampek. 

Selain ganjil genap, kebijakan dalam rangka meningkatkan kecepatan tempuh rata-rata di tol tersebut, yakni pengaturan jam operasional angkutan barang dan prioritas jam Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU)

"Pemberlakuan kebijakan ini merupakan kewenangan pemerintah. Jasa Marga sebagai operator tol Jakarta-Cikampek mendukung dan berperan dalam pelaksanaan di lapangan, seperti penyediaan rambu, pembuatan marka, penyediaan sarana, petugas pelaksana, sosialisasi, dan lainnya," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru kepada wartawan, Jumat (23/2/2018).

Pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap akan diberlakukan pada hari Senin hingga Jumat, pukul 06.00-09.00 WIB di akses masuk tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini