Sukses

Bagaimana Sosok Calon Gubernur BI Perry Warjiyo di Mata Sri Mulyani?

Perry Warjiyo memang telah lama dikenal dalam ranah ekonomi nasional. Saat ini dia menjabat sebagai Deputi Gubernur BI.

Liputan6.com, Jakarta Nama Perry Warjiyo kini tengah santer diberitakan diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI). Surat penunjukan dirinya sebagai Gubernur BI bahkan sudah dikirimkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Perry Warjiyo memang telah lama dikenal dalam ranah ekonomi nasional. Saat ini dia menjabat sebagai Deputi Gubernur BI. Lalu bagaimana sosok beliau di mata petinggi negara lain?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, Perry adalah orang dalam BI yang sudah banyak makan asam garam dalam lingkup ekonomi, baik regional maupun global.

"Perry adalah sosok yg berasal dari internal Bank Indonesia. Beliau sudah menjadi Deputi gubernur selama satu term. Dia juga pernah menjadi executive director di IMF," tukasnya di sela-sela acara konferensi internasional tingkat tinggi (High Level Internasional Conference) bertemakan "Models ini a Changing Global Landscape" di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

"Artinya, dia telah punya banyak pengalaman dan kesempatan untuk bisa menyiapkan peranan dari Gubernur BI yang dibutuhkan," tambah dia.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menjelaskan, situasi ekonomi Indonesia kini terus mengalami perubahan. Baik dari pertumbuhan ekonomi, komposisi ekonomi, hingga lingkungan global dan regional yang juga sangat dinamis.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa BI harus terus menjaga ekonomi nasional bersama instansi dan kementerian terkait, seperti Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hal itu dimaksudkan agar mampu mengelola perekonomian Indonesia dalam menghadapi situasi yang semakin dinamis.

"Sosok Perry sebagai Deputi Gubernur BI sejauh ini telah banyak memainkan peranan, dan itu tentu akan bisa diteruskan. Itu yang paling penting," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih Perry Warjiyo Jadi Calon Tunggal Gubernur BI, Ini Kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan telah mengajukan nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Nama calon tunggal yang diajukan oleh Jokowi yaitu Perry Warjiyo yang saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur BI.

"Sudah kami kirimkan ke DPR coba tanyakan ke DPR. Hanya satu nama Pak Perry Warjiyo," ujar dia di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (27/2/2018).

Jokowi menyatakan, dirinya memiliki sejumlah alasan memilih Perry untuk menggantikan Agus Martowardojo yang akan habis masa jabatannya sebagai Gubernur BI pada Mei mendatang. Salah satunya lantaran Perry dinilai memiliki banyak pengalaman bekerja di bank sentral tersebut.

"Kita tahu dari sisi pengalaman, rekam jejak, semua dilihat, prestasi, penguasaan lapangannya, saya kira beliau adalah deputi paling senior," kata dia.

Dengan pengalaman yang dimiliki, kata Jokowi, dirinya yakin jika Perry bisa membuat kebijakan yang tepat di bidang moneter. Oleh sebab itu, Jokowi mengaku tidak ragu memercayakan kepemimpinan BI kepada pria kelahiran Sukoharjo tersebut.

"Sudah mengertilah mengenai moneter, inflasi, mengenai kebijakan-kebijakan di BI, bank sentral kita. Saya kira penguasaan Pak Perry Warjiyo tidak perlu diragukan," ujar dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.