Sukses

Dilego Rp 682 Juta, Ini Dia CV Termahal di Dunia

Dibuat pada tahun 1973, riwayat hidup tersebut ditulis Steve Jobs saat ia masih berstatus sebagai mahasiswa di Reed College.

Liputan6.com, Jakarta - Curriculum vitae atau CV adalah rangkuman riwayat hidup yang sering digunakan seseorang untuk melamar kerja ke sebuah perusahaan. Itulah mengapa desain dan konten dalam sebuah CV sangatlah penting.

Meski biasanya CV hanya berbentuk lembaran kertas, ada sebuah CV yang ternyata memiliki nilai sangat mahal. Dilansir dari The Guardian, Senin (26/2/2018), CV tersebut merupakan milik pendiri dan mantan CEO Apple Steve Jobs.

CV milik Steve Jobs ini bakal dilelang pada bulan depan. Rumah lelang RR Auction mengatakan, CV tersebut diprediksi bisa terjual hingga US$ 50 ribu atau Rp 682 juta.

Dibuat pada tahun 1973, riwayat hidup tersebut ditulis oleh Jobs saat ia masih berstatus sebagai mahasiswa di Reed College. CV itu juga masih banyak memiliki kekurangan, mulai dari ejaannya kurang sempurna hingga alamat yang salah.

Di bawah bagian kemampuan, Steve Jobs menulis insinyur teknik dan digital. Ia juga mencantumkan Reed College sebagai alamat tempat tinggal.

Meski tidak ditulis secara jelas untuk apa Jobs menulis CV tersebut, banyak orang memprediksi Jobs ingin mencari pekerjaan sebagai insinyur teknologi sesuai kemampuannya. Setelah CV itu dibuat, Steve Jobs dan rekannya, Steve Wozniak, mendirikan Apple

Dokumen milik Steve Jobs merupakan satu dari banyak barang yang akan dilelang dalam acara Pop Culture Sale yang bakal diselenggarakan pada 8-15 maret mendatang. Selain CV, beberapa barang bekas pendiri Apple yang juga bakal dijual adalah Mac OS X dan potongan surat kabar dengan foto Steve Jobs di atasnya.

Acara pelelangan itu juga akan mencakup surat cinta penyanyi Inggris Amy Winehouse kepada suaminya, Blake Fielder-Civil. Surat yang ditulis Winehouse satu halaman itu menampilkan sketsa bayi buaya dikelilingi gambar hati. Surat tersebut bernilai sekitar US$ 4.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mau Cepat Dapat Kerja? Coba Trik Jitu Ini pada CV Anda

Kian lama angka pengangguran kian meninggi, ini berarti saingan dalam mencari kerja pun juga semakin meningkat. Lantas, bagaimana cara Anda agar dapat bersaing dengan para pelamar kerja yang jumlahnya mencapai jutaan? Ini tandanya Anda harus segera atur strategi baru.

Salah satu trik jitu untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan mengajukan CV yang mengagumkan. Sudah membuat CV yang terbaik tapi tetap tak kunjung dapat kerja?

Jangan pantang menyerah, berikut beberapa trik jitu menjadikan CV Anda dapat memikat HRD, seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (22/2/2018):

1. Buatlah format CV yang unik agar dapat mencerminkan bakat yang dapat Anda lakukan. Anda juga dapat memamerkan keterampilan desain Anda.

2. Saat mencantumkan keterampilan, pikirkan hal out of the box atau tak biasa. Jika Anda memiliki keterampilan yang tidak biasa, silakan tuliskan.

3. Jangan menjiplak isi CV milik orang lain, tapi buatlah CV yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang ingin Anda lamar.

4. Tunjukkan CV yang menarik dan menonjol sehingga membuat HRD ingin membacanya.

5. Buatlah CV yang dapat memudahkan HRD untuk membacanya dengan memberi garis bawah atau memberikan kata kunci yang sesuai dengan posisi yang ingin dilamar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini