Sukses

Wajib Tahu! 5 Cara Cerdas Ibu Bagi Waktu untuk Keluarga dan Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berlakunya emansipasi wanita dan kebutuhan yang semakin lama kian mahal, kini telah banyak ditemui ibu yang berprofesi ganda, yaitu berperan menjadi ibu di rumah dan menjadi wanita pekerja.

Ibu sebenarnya telah memiliki peran besar di rumah dan bahkan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan ayah, yaitu harus mengurus rumah tangga, merawat anak-anak, dan juga bertanggung jawab untuk menjaga hubungan suami-istri tetap baik.

Oleh karenanya, tentu sangat berat jika pekerjaan ibu ditambah dengan bekerja mencari uang tambahan bukan? Jika sampai salah, bisa-bisa justru berakibat fatal dan menyebabkan ketidakseimbangan.

Namun kini ibu dapat tenang, karena ada beberapa cara jitu untuk ibu agar tetap dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dengan keluarganya.

Penasaran bagaimana caranya? Melansir laman workingmother.com, Jumat (22/12/2017), berikut cara ibu bisa mengatur pekerjaan sekaligus keluarganya:

1. Lepaskan rasa bersalah

Menurut para ahli terapi, banyak ibu yang bekerja merasa bersalah karena mereka tidak dapat menghabiskan banyak waktu bersama anak-anak mereka.

Tapi rasa bersalah ini bisa dengan mudah diatasi jika Anda memikirkan betapa menguntungkan posisi pekerjaan terhadap perusahaan tempat Anda bekerja, dan betapa menguntungkannya pekerjaan Anda bagi keluarga.

Dengan pekerjaan dan penghasilan yang didapat, Anda dapat mendukung pasangan dalam menjalankan rumah tangga dan juga memberi anak-anak pendidikan yang diinginkan. Masa depan anak-anak tentu harus menjadi prioritas utama setiap ibu, dan karenanya, tidak ada tempat untuk rasa bersalah di sini.

2. Tetap melayani suami dengan baik

Meski sibuk bekerja menguras hampir seluruh tenaga yang ada, namun usahakan untuk tetap melayani suami dengan baik, seperti memasak makanan kesukaannya, membuatkan secangkir kopi kesukaannya, dan lain-lain.

1 dari 3 halaman

3. Temukan penitipan anak yang berkualitas

Jika Anda tidak dapat menghabiskan banyak waktu dengan anak, cobalah untuk menemukan pengasuh anak yang dapat dipercaya dan dapat merawat anak Anda saat Anda berada di kantor.

4. Jadikan pagi lebih mudah

Selalu pastikan untuk menjaga semuanya tetap teratur pada malam sebelumnya, sehingga keesokan paginya bisa lebih mudah dan tidak membingungkan.

Sebaiknya susun pakaian anak-anak Anda ke sekolah, persiapkan dan bungkus makan siang mereka dan simpan di lemari es, serta atur semua file dan kertas Anda pada malam sebelumnya, sehingga saat Anda bangun keesokan harinya, semuanya bisa berjalan lancar. Ingat, bahwa pagi hari yang sibuk bukanlah alasan nyata untuk merasa bersalah.

2 dari 3 halaman

5. Berkomunikasi dengan pasangan Anda

Bicaralah dengan suami Anda tentang bagaimana hari Anda, apa yang Anda lakukan di kantor, dan juga bertanya tentang bagaimana hari dan pekerjaannya.

Jika Anda menghadapi masalah di tempat kerja, atau jika Anda merasa kesulitan untuk mengelola anak-anak dan juga pekerjaan pada saat bersamaan, komunikasikan masalah seperti itu kepada pasangan Anda juga. Ini akan membuat hidup jauh lebih mudah.

Artikel Selanjutnya
Cara Sarwendah Mengenalkan Makna Hari Kartini pada Anak
Artikel Selanjutnya
Inilah Sosok Kartini di Dunia Nyata bagi Rianti Cartwright