Sukses

Ini Orang Kaya Paling Tua Seantero RI Versi Forbes, Siapa Dia?

Forbes kembali mengeluarkan daftar orang terkaya di Indonesia. Posisi pertama masih diduduki oleh kakak beradik pemilik Grup Djarum.

Liputan6.com, Jakarta - Forbes kembali mengeluarkan daftar orang terkaya di Indonesia. Posisi pertama masih diduduki oleh kakak beradik pemilik Grup Djarum.

R. Budi & Michael Hartono yang merupakan konglomerat di sektor tembakau memiliki kekayaan sebesar US$ 32,3 miliar atau Rp 437,26 triliun dengan asumsi kurs Rp 13.537 per dolar Amerika Serikat (AS).

Orang terkaya kedua di Indonesia adalah Eka Tjipta Widjaja. Dikutip dari Forbes, Rabu (6/12/2017), Eka Tjipta adalah seorang imigran asal China yang berbisnis di Indonesia sejak masih remaja dengan menjual biskuit. Secara perlahan ilmu bisnisnya mulai berkembang.

Singkat cerita di tahun 1980, ia memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan. Ia membeli sebidang kebun kelapa sawit dengan luas 10 ribu hektare di Riau. Ia juga membeli mesin dan pabrik yang bisa menampung hingga 60 ribu ton kelapa sawit. Kemudian bisnisnya berkembang ke sektor lain seperti telekomunikasi, properti hingga kertas. Semuanya berada di bawah bendera Sinar Mas.

Selain orang terkaya kedua di Indonesia, Eka Tjipta juga menjadi miliarder tertua di Indonesia.  Saat ini usianya sudah mencapai 94 tahun. 

Kekayaan Eka Tjipta melonjak dalam satu tahun ini. Di tahun lalu ia memiliki harta US$ 5,6 miliar sedangkan dalam catatan Forbes saat ini kekayaannya mencapai US$ 9,1 miliar.

Dengan kenaikan tersebut, posisi Eka langsung melonjak dari semula di urutan keempat pada tahun lalu menjadi di urutan kedua pada tahun ini. Ia mengungguli Anthoni Salim dan Susilo Wonowidjojo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 10 orang terkaya di Indonesia

berikut ini daftar 10 orang terkaya di Indonesia dikutip dari Forbes:

1. R. Budi & Michael Hartono (US 32,3 miliar)

2. Eka Tjipta Widjaja (US$ 9,1 miliar)

3. Susilo Wonowidjojo (US$ 8,8 miliar)

4. Anthoni Salim (US$ 6,9 miliar)

5. Sri Prakash Lohia (US$ 6,4 miliar)

6. Boenjamin Setiawan (US$ 3,65 miliar)

7. Chairul Tanjung (US$ 3,6 miliar)

8. Tahir (US$ 3,5 miliar)

9. Mochtar Riady (US$ 3 miliar)

10. Jogi Hendra Atmadja (US$ 2,7 miliar).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.