Sukses

Industri Mainan RI Ungguli China

Industri mainan ini mengalahkan produk-produk buatan China.

Liputan6.com, Jakarta - Industri mainan di dalam negeri terbukti mampu diterima di seluruh dunia. Bahkan industri mainan ini mengalahkan produk-produk buatan China.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, industri mainan nasional telah menunjukkan daya saingnya di kancah global. Hal ini sekaligus mampu membuktikan bahwa Indonesia termasuk dalam negara-negara produsen utama untuk beberapa produk unggulan yang telah mendunia.

Menurut dia, salah satu produsen boneka kelas dunia yang ada di Indonesia yaitu PT Mattel Indonesia. Saat ini, perusahaan tersebut telah memasok 60 persen Barbie ke seluruh pasar global atau telah mengungguli mainan produksi China.

“Jadi, enam dari 10 boneka yang beredar di dunia itu berasal dari Indonesia, dibuat dengan tangan-tangan terampil anak bangsa kita,” ujar dia di Cikarang, Jawa Barat, Senin (4/12/2017).

Selain itu, Indonesia memiliki pabrik mainan mobil merek Hot Wheels dengan kapasitas produksi yang cukup besar dengan mencapai 50 juta unit per tahun. Hot Wheels merupakan mobil mainan diecast atau dibuat dari bahan logam yang dicetak yang diproduksi oleh Mattel.

“Itu pabrik Hot Wheels di Cikarang milik PT Mattel Indonesia. Industri otomotif mini lebih besar 50 kali dari otomotif benaran,” lanjut dia.

Airlangga juga memaparkan, secara total ekspor komoditas mainan Indonesia hingga September 2017 telah mencapai US$ 228,39 juta. Angka ini naik sebesar 8,97 persen dibandingkan periode yang sama di 2016 yang sebesar US$ 209,59 juta.‎

"Dari sumbangsih yang besar tersebut, kami mendorong PT Mattel Indonesia untuk membuat edisi khusus Indonesia baik Barbie maupun Hot Wheels-nya yang juga bisa dipasarkan ke seluruh dunia,” tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.