Sukses

Tak Ada Kesuksesan yang Instan, Ketahui Dulu 5 Hal Ini!

Jika kamu masih bermimpi untuk sukses, jangan menganggapnya bisa diraih secara mudah dan instan ya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menonton TV, kamu akan sering menjumpai iklan rokok dengan konsep passion. Bahkan aka ada kalimat motivasi seperti “Kesuksesan adalah tentang mengejar passion dan bekerja keras”.

Sebenarnya kalimat motivasi ini tidaklah salah. Namun, passion dan kerja keras tidaklah cukup saat dipraktikkan di dunia nyata. Misalnya, atasanmu tak memberikan penghargaan saat performa kerjamu bagus. Namun, kamu akan dimarahi saat kinerja menurun. Kamu pun merasa diremehkan karena hanya diberi perhatian saat kinerja menurun, bukan?

Sehingga, jika ditelusuri kembali nih, menjadi sukses itu memang perlu pengorbanan lebih. Dan sedikit mustahil meraihnya secara mudah dan instan. Setidaknya nih kamu perlu melakukan 5 hal ini untuk meraih kesuksesan seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Selalu mengerjakan hal yang menjanjikan hasil

Jika ingin mengerjakan sesuatu, usahakan untuk mempertimbangkan hasil yang akan diperoleh. Mengapa? Karena saat melakukan hal tersebut, kamu akan menginvestasikan waktu dan tenagamu.

Sebaiknya, kamu fokus pada pekerjaan yang akan memberikan hasil paling bagus dan memiliki  arti untukmu. Jangan menyerah meski pekerjaan tersebut memaksamu untuk keluar dari zona nyaman. 

2. Mindset “waktu adalah uang” atau tidak membuang-buang waktu

Salah satu kalimat motivasi untuk orang sukses adalah “Orang yang sukses adalah mereka yang memanfaatkan 24 jam waktunya”. Bukan berarti kamu tak istirahat, tetapi kamu seharusnya menggunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Kira-kira, bagaimana ya caranya dengan waktu yang terbatas bisa memperoleh hasil yang maksimal?

Misalnya, jika kamu ingin menjadi penulis profesional bisa menerapkan cara ini lho. Kamu bisa menulis di pagi sebelum berangkat ke kantor. Orang sukses akan selalu memanfaatkan waktu yang ada untuk hal yang positif. Seperti memulai bisnis atau menjalankan hobi di sela-sela pekerjaan.

Dan tak sedikit yang rela mengurangi waktu tidur untuk menjalankan usaha. Sehingga, saat kamu mengatakan tak ada waktu, bisa dikonotasikan bahwa hal tersebut tak menjadi prioritas dalam hidupmu.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sesuaikan usaha dan tujuan

Setiap orang pasti punya definisi kesuksesan dan tujuan hidup yang berbeda-beda. Misalnya, tak semua orang ingin memiliki perusahaan sendiri. Dan ada juga nih orang yang beranggapan bahwa sukses tak ada hubungannya dengan kepemilikan banyak harta.

Sehingga, apapun usaha yang kamu miliki harus sesuai dengan tujuanmu. Kamu bisa melakukannya dengan memiliki teman yang tepat. Agar mereka bisa membimbingmu berjalan mendekati tujuan.

4. Selalu fokus pada satu hal yang dikerjakan

Karena mempunyai banyak ide nih, kadang kamu tak melakukan apapun karena bingung untuk mulai dari mana. Padahal nih, meski kamu punya ide besar tak akan berarti apa-apa jika tidak kamu lakukan. Sayang banget kan kalau hanya menyimpan ide tersebut di dalam kepala?

Dan di sisi lain, orang sukses biasanya selalu fokus pada satu tujuan. Mereka tak akan pantang menyerah sampai tujuan tersebut tercapai. Jika kamu ingin mempraktikkannya dalam kehidupan, selalu kerjakan hal yang paling penting terlebih dahulu. Usahakan tidak mengerjakan hal lain sebelum satu hal penting tersebut sudah selesai dilakukan ya.

3 dari 3 halaman

5. Selalu konsisten

Perbedaan terbesar antara orang sukses dan belum sukses adalah sikap konsisten. Sebagai contoh, Merry Riana yang berusia 26 tahun sudah memiliki pendapatan hingga satu juta dolar AS dari mencari nasabah asuransi. Meski sering ditolak, ia konsisten untuk mencari nasabah setiap harinya. Akhirnya, ia pun meraih sukses.

Jika ingin sukses, kamu pun harus mulai untuk konsisten dalam melakukan sesuatu. Dimulai dengan langkah yang kecil tetapi rutin. Dari langkah kecil ini kamu bisa mendekati tujuan besarmu. Selalu semangat untuk mencapai tujuan tanpa ada rasa ingin menyerah.

Yuk, segera dimulai beberapa langkah untuk meraih kesuksesan di atas. Selalu semangat dan jangan pantang menyerah ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.