Sukses

Tol Bawen-Salatiga Beroperasi Pekan Ini

Pengoperasian ruas tol tersebut dikebut sehingga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan dalam pekan ini ruas tol Solo - Semarang seksi 3 Bawen-Salatiga akan beroperasi. Pengoperasian ruas tol tersebut dikebut sehingga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, awalnya ruas tol Salatiga Bawen dijadwalkan resmi beroperasi pada 2018.

‎"Di Agustus sebetulnya sudah dilakukan. Untuk Semarang-Solo yang Salatiga-Bawen yang semula mau kita operasikan di 2018," kata Herry, di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Menurut Herry, pengoperasian ruas tol sepanjang 17,60 kilo meter (km) tersebut ‎kembali mengalami penundaan. Pasalnya, masih dalam proses pemeriksaan terkait laik fungsi, sehingga ditargetkan dapat dioperasikan pada pekan ini.

"Mudah-mudahan dalam minggu ini bisa selesai dan diagendakan pengoperasiannya," ucapnya.

Herry mengungkapkan, tol baru yang dioperasikan sampai Agustus 2017‎ sepanjang 22 km, yaitu Gempol-Pasuran seksi I paket A2 segmen Bangil-Rembang sepanjang 7,1 km, Tanjung Priok sepanjang 8 km, Gempo- Pasuruan seksi I paket A I segmen Gempol-Bangil sepanjang 6,8 km.

"Jadi total kurang lebih 22 Km, ditambah 176 km (sudah beroperasi 2016), jadi sepanjang 198 km lah (yang sudah beroperasi saat ini)," tutup Herry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.