Sukses

4 Cara Raup Penghasilan Tambahan buat Pekerja Kantoran

Liputan6.com, Jakarta - Belum puas dengan penghasilanmu yang sekarang? Mumpung masih muda, jangan berpangku tangan saja. Tidak ada ruginya mencoba melakukan berbagai usaha untuk memperoleh penghasilan tambahan di samping gaji bulananmu. Lumayan, kan, buat nambah-nambah tabungan.

Nah, biar kamu makin semangat, ada beberapa cara memperoleh penghasilan tambahan buat pekerja kantoran. Apa saja?

Berikut ulasannya seperti dikutip Tunaiku:

1. Punya bakat masak? Bikin makanan untuk dijual di kantor, yuk!

Kalau kamu kebetulan suka masak dan memiliki kemampuan di bidang ini, kenapa enggak dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan?

Sebagai permulaan, kamu bisa membuat kue yang gampang dibuat, misalnya brownies, pisang cokelat, risol, martabak mini, atau gorengan. Bawa ke kantor dan jajakan ke rekan-rekan sekantormu.

Atau, kamu juga bisa mencoba jualan rice box dengan lauk dan sayur sebagai alternatif menu untuk makan siang bagi rekan-rekan kantor yang malas keluar. Enggak perlu banyak-banyak, sesuaikan aja dengan tenaga dan waktumu. Keuntungannya lumayan, lo!

 
2. Jadi penulis, fotografer, atau desainer grafis lepas.

Talenta yang kamu punya tentu enggak boleh dibiarkan tumpul. Asah bakatmu dengan rutin menggunakannya. Suka nulis, buatlah blog. Senang desain? Bikinlah gambar desain kece untuk kamu pajang di Instagram.

Kalau terus diasah, keahlian seperti ini bisa menghasilkan uang yang enggak sedikit lewat pekerjaan sebagai freelance yang bisa kamu temukan dari situs-situs proyek untuk pekerja lepas.

Buat penggemar fotografi, penggunaan fotomu juga bisa dikomersialkan melalui platform jualan stok foto. Jika untuk setiap artikel kamu diganjar Rp 25 ribu dan setiap bulan kamu bisa menulis antara 20-40 artikel, penghasilan tambahan yang kamu peroleh tentu lumayan, ‘kan?

2 dari 2 halaman

Garage sale



 
3. Adakan garage sale secara berkala di tempat tinggalmu

Punya banyak barang layak pakai, tapi sudah lama enggak kamu gunakan sama sekali? Mengapa enggak jual saja barang-barang tersebut lewat garage sale dengan harga miring? Siapa tahu, barang-barang yang kelamaan nganggur itu menemukan pemilik barunya, selain penghasilan tambahan buat kamu tentunya!

Biar kamu bisa mengadakannya secara berkala dengan barang-barang yang fresh, kamu bisa mengajak saudara, teman, maupun rekan kerja untuk menitipkan barangnya untuk dijual melalui garage sale-mu. Tinggal bagi keuntungan saja deh.

4. Jualan barang secara online

Banyak orang yang bermimpi untuk membuka tokonya sendiri. Kini, jualan dan buka toko memang enggak butuh modal besar, tinggal bermodalkan koneksi internet dan barang dagangan, kamu udah bisa mulai berjualan secara online!

Mulai dari hasil kerajinan tangan buatan sendiri, kaos desain sendiri, sampai berbagai keperluan sesuai hobi dan minat kamu bisa dijual di sini.

Belum punya barang jualan yang menarik? Coba cari toko online yang memiliki produk yang menurutmu menarik dan bakal laris, lalu ajukan permintaan untuk menjadi reseller atau dropshipper.

BERANI BERUBAH: Pasukan Emak-Emak Lawan Covid-19