Sukses

Miliarder China Ini Ekspansi Bisnis ke Sektor Kesehatan

Sukses bisnis properti dan hiburan, miliarder China Wang Jianlin kini ekspansi bisnis sektor kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalian Wanda Group Co berencana membangun kawasan rumah sakit dan kesehatan di Chengdu, China Selatan. Langkah tersebut sebagai upaya dari ekspansi bisnis miliarder China Wang Jianlin ke industri perawatan kesehatan.

Wanda yang mengoperasikan bisnis dari properti hingga hiburan mengatakan telah menandatangani perjanjian dengan pemerintah untuk investasi 70 miliar yuan atau sekitar US$ 10 miliar atau sekitar Rp 132,63 triliun (asumsi kurs Rp 13.263 per dolar Amerika Serikat).

Investasi itu untuk pembangunan industri perawatan kesehatan termasuk 2 rumah sakit umum dan 8 rumah sakit spesialis. Kawasan industri ini akan berisi 30 perusahaan yang berkaitan dengan kesehatan. Nilai investasi grup Wanda tersebut termasuk paling besar.

Mengutip laman Bloomberg, seperti ditulis Jumat (14/4/2017), nilai investasi tersebut menunjukkan ambisius dari miliarder China tersebut untuk masuk ke pasar perawatan kesehatan yang tumbuh cepat.

Populasi dan pendapatan masyarakat China yang naik mendorong permintaan kuat untuk layanan perawatan kesehatan. Pasien sering kali hadapi layanan antre yang lama di rumah sakit pemerintah dan harus membayar lebih besar untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Wanda telah mengumumkan kerja sama dengan International Hospital Group pada tahun lalu untuk investasi di rumah sakit. Nilai investasinya mencapai 15 miliar yuan atau US$ 2,2 miliar untuk membangun dua rumah sakit, dan dua sedang dalam proses pembangunan.

Berdasarkan data Forbes pada 2016, pemilik grup Dalian Wanda ini menduduki posisi pertama orang terkaya di China. Kekayaannya berasal dari bisnis hiburan dan properti. Total kekayaan Wang Jianlin diperkirakan sekitar US$ 33 miliar pada tahun lalu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.