Sukses

Orang Terkaya China Ancam Donald Trump soal Perang Dagang

Orang terkaya China, Wang Jianlin memperingatkan Presiden AS terpilih Donald Trump soal perang dagang dengan China

Liputan6.com, Jakarta Orang terkaya China, Wang Jianlin memperingatkan Presiden AS terpilih Donald Trump soal perang dagang dengan China. Menyusul kekhawatiran kebijakan Donald Trump soal proteksionisme yang diusung jika jadi presiden.

Salah satu kekhawatirannya adalah soal industri film. Menurutnya, bagaimana pun Amerika Serikat membutuhkan China sebagai pasar yang potensial. Jianlin mengatakan, bahwa China punya populasi penonton film jutaan orang, yang bisa menjadi pasar potensial bagi AS.

Jianlin yang juga memiliki jaringan bioskop di Amerika, perusahaan produksi film Hollywood, dan firma yang menyelenggarakan Golden Globe Awards mengatakan, Amerika akan kala telak jika sektor hiburan jatuh karena korban perang dagang.

"Pertumbuhan utama dari film berbahasa inggris di luar AS ada di China, bukan di tempat lain," tutur Jianlin di Davos dalam rangkaian Pertemuan World Economic Forum dilansir dari Ndtv, Kamis (19/1/2017).

Dia juga mencatat, China punya layar bioskop paling banyak di dunia dengan total 15 ribu layar di tahun lalu saja.

Presiden China Xi Jinping sebelumnya juga menekankan soal perang dagang saat Donald Trump memimpin AS. "Tak ada yang akan jadi pemenang dalam perang dagang," ujarnya di Davos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini