Sukses

Hindari 6 Hal Ini Jika Tak Mau Menyesal Saat Pensiun

Liputan6.com, Jakarta - Tindakan yang kita lakukan hari ini bisa memberi dampak yang besar di masa yang akan datang. Apalagi bila tindakan tersebut tidak diperhatikan dengan matang.

Banyak orang yang merasa menyesal dengan kondisi yang harus mereka hadapi setelah pensiun. Bukan tanpa sebab, hal ini sering terjadi lantaran gaya hidup boros dan tidak memperdulikan masa depan yang mereka lakukan saat masih bekerja.

Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, maka hindarilah untuk melakukan enam hal ini. Apa saja?

Berikut ulasannya melansir Cheatsheet.com, Selasa (21/2/2017)

1. Tidak menabung cukup banyak

Menabung pangkal bahagia. Dana tabungan juga pulalah yang menjadi penyokong utama saat Anda memasuki dunia pensiun. Banyak orang yang merasa menyesal saat memasuki dunia pensiun karena tidak menabung cukup banyak.

2. Pensiun terlalu dini

Di usia yang masih muda, pekerja yang memilih untuk pensiun dini masih memiliki kesempatan untuk memulai usaha baru. Pensiun dini juga memberikan manfaat lain seperti hemat biaya kesehatan karena tidak mengalami stres yang terlalu besar akibat bekerja, kurang tidur, atau kurang waktu berolahraga.

Meski menggiurkan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengambil pensiun dini. Jika tidak berhati-hati, mengambil pensiun di usia yang masih produktif malah akan merugikan Anda sendiri.

3. Tidak memiliki rencana di masa pensiun

Walau bukan lagi berada dalam usia produktif, bukan berarti Anda tidak boleh memiliki rencana di masa pensiun. Justru, jika Anda ingin masa pensiun Anda bisa bahagia maka Anda pun harus memiliki rencana apa yang ingin dilakukan saat sudah pensiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tidak adaptasi

 

4. Tidak melakukan adaptasi gaya hidup

Saat telah pensiun, Anda akan memiliki gaya hidup yang berbeda dengan saat masih bekerja. Agar tidak kaget, maka cobalah untuk melakukan adaptasi gaya hidup dan meminimalisir tindakan konsumtif. Hal ini akan sangat berguna di masa pensiun Anda nantinya.

5. Mengabaikan inflasi

Banyak orang yang sudah menabung dalam jumlah besar untuk memenuhi keperluan dana pensiun. Tapi, tak jarang dari mereka yang lupa untuk memperhitungkan biaya inflasi. Sebanyak apapun Anda menabung, nilainya bisa terus menurun akibat inflasi.

6. Mengambil cicilan terlalu lama

Jika Anda ingin mengambil cicilan agar keperluan membayar kebutuhan Anda makin mudah, maka pertimbangkanlah masa cicilan agar tidak terlalu lama. Hal ini bertujuan agar di hari tua Anda tidak perlu memusingkan urusan untuk membayar cicilan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS