Sukses

Tips Sukses Berbisnis Restoran untuk Pemula

Selain bisnis fesyen, bisnis kuliner atau restoran menjadi peluang bisnis yang paling sering dijajal orang.

Liputan6.com, Jakarta - Selain bisnis fesyen, bisnis kuliner atau restoran menjadi peluang bisnis yang paling sering dijajal orang. Berbeda dengan bisnis pakaian di mana barang bisa disimpan jika tidak laku, bisnis restoran lebih berisiko karena jika sepi bahan makanan harus terbuang mubazir.

Selain itu, Anda harus keluar modal untuk menyewa tempat dan menggaji karyawan. Tapi risiko ini sebanding dengan peluang sukses yang besar. Berikut tipsnya supaya bisa sukses berbisnis restoran seperti CekAja.com:

Mengutamakan pelanggan

Pelayanan menjadi kunci utama ketika berbisnis kuliner. Pastinya menyebalkan kalau Anda memesan makanan di sebuah restoran dan makanan baru datang sejam kemudian. Atau misalnya ketika datang, meja belum dibersihkan.

Begitu juga dengan kebersihan makanan. Saat tamu menemukan sehelai rambut saja di makanan, reputasi restoran bisa jatuh. Jangan lupakan juga prinsip pelayanan dasar seperti senyum, sapa, dan salam.

Punya konsep unik

Sekarang ini, segala sesuatu yang unik menjadi viral. Baik itu dari kemasan, rasa, maupun plating. Sudah jadi kebiasaan generasi muda untuk memotret makanan sebelum disantap untuk diposting media sosial.

Semakin cantik plating dan semakin terlihat lezat, semakin banyak tamu yang datang. Meski penampilan menarik, bukan berarti Anda jadi menomorduakan rasa. Karena kunci utama dari sukses berbisnis kuliner adalah kelezatan makanan.

Memilih bahan-bahan terbaik

Saat makanan yang disajikan berbau tengik, layu, masam, atau menunjukkan tanda-tanda tidak segar lainnya, saat itulah Anda kehilangan pelanggan. Oleh karenanya Anda harus memilih bahan-bahan terbaik dan dalam kondisi segar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsisten



Konsisten

Semakin banyak pelanggan yang datang, akan semakin sibuk pula kondisi dapur. Di sinilah ujian konsistensi dimulai. Mulai dari konsistensi waktu, plating, dan rasa. Jangan kecewakan pelanggan karena ternyata pelayanan maupun rasa makanan di restoran Anda berubah seiring dengan semakin ramainya tamu.

Inovasi menu baru

Meski harus konsisten, bukan berarti Anda jadi malas menelurkan menu-menu baru. Dengan terus berinovasi, siapa tahu Anda malah melahirkan menu best seller yang jadi andalan restoran. (Baca juga: Rahasia Pengusaha Sukses dalam Mengelola Aset Bisnisnya)

Dekorasi restoran semenarik mungkin

Selain karena rasa yang enak, faktor lain yang bisa membuat restoran Anda ramai adalah dekorasi. Semakin cozy dan semakin Instagrammable, makin betah pula tamu berlama-lama. Tidak perlu menggunakan furnitur mahal, Anda bisa menggunakan bahan-bahan daur ulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini