Sukses

RI Ingin Jepang Ikut Kembangkan Indonesia Timur

Indonesia melihat Jepang sebagai contoh untuk membangun infrastruktur.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia ingin Jepang berinvestasi dalam mendorong perkembangan Indonesia Timur, sehingga terjadi kesetaraan di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sebagai negara kepulauan terbesar Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Namun, hal tersebut menciptakan disparitas, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Hal tersebut menjadi peluang Jepang menanamkan modalnya.

"Termasuk disparitas antara region, misal timur barat, sehingga membuka peluang Jepang investasi di sini," kata Luhut, dalam diskusi bisnis Indonesia-Jepang,di Hotel Fairmont, Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Luhut menuturkan, ‎Indonesia mencontoh Jepang dalam pembangunan  infrastruktur, terutama mengatasi ketimpangan pembangunan di wilayah Indonesia Timur. Oleh karena itu, diharapkan pengusaha Jepang dapat terlibat dalam pembangunan tersebut.

"Salah satu yang paling penting masalah infrastruktur gap. Kami ingin mencoba melihat Jepang sebagai model. Kami ingin pembangunan infrastruktur ini dilakukan dengan cepat dan berharap pengusaha Jepang bisa terlibat," ungkap Luhut.

Luhut mengungkapkan, pertumbuhan ‎ekonomi Indonesia saat ini sangat baik, berada di atas level 5 persen. Selain itu inflasi juga dapat ditangani dengan baik di bawah level 3 persen. Untuk meningkatkan pertumbuhan tersebut, Indonesia membuthkan peran Jepang.

‎"Mengenai pertumbuhan ekonomi ini kami tentu butuh ‎peranan pemerintah Jepang. Sektor swasta Jepang bersama mencari keuntungan berikan kenikmatan," tutur Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini