Sukses

5 Benda Ini Harus Ada di Dalam Dompet Biar Hemat

Istilah dompet kosong atau dompet tipis digunakan untuk menyebut keadaan di mana seseorang tidak punya uang.

Liputan6.com, Jakarta - Istilah dompet kosong atau dompet tipis digunakan untuk menyebut keadaan di mana seseorang tidak punya uang. Dompet memang menjadi benda yang hampir selalu di bawa kemana-mana.

Sebaiknya Anda jangan hanya gunakan dompet untuk menghabiskan uang, tapi juga untuk berhemat. Salah satunya adalah menyimpan benda-benda berikut di dalam dompet kesayangan Anda seperti dikutip dari CekAja.com:

Uang tunai

Selama ini membawa banyak uang tunai dianggap sebagai biang permborosan. Padahal di tengah penggunaan uang plastik yang semakin umum, membawa uang tunai secukupnya saat pergi justru membuat lebih hemat.

Alasannya karena secara psikologis, Anda akan lebih bersalah membelanjakan uang tunai daripada menggesek kartu. Sedangkan jika berbelanja menggunakan ATM atau kartu kredit, Anda akan berpikir uang uang banyak atau bayar nanti. (Baca juga: Tiga Cara Mengubah Rasa Marah Menjadi Berkah Kekayaan)

Kupon

Sekarang ini kupon diskon tidak hanya bisa didapatkan secara cuma-cuma tapi juga bisa dibeli. Meski dibeli secara online, Anda tetap bisa berhemat banyak. Selain belanja di supermarket, kupon juga bisa membuat Anda berhemat ketika masuk ke tempat wisata, menginap di hotel, sampai membeli tiket pesawat.

Kartu kredit yang menawarkan diskon dan poin reward

Punya kartu kredit tidak selalu menakutkan. Bagi Anda yang memang disiplin dalam menggunakan uang, Anda bisa makin berhemat ketika menggunakan kartu kredit yang menguntungkan.


Misalnya ketika Anda sering belanja di supermarket A, gunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan supermarket A. Poin reward yang terkumpul bisa ditukarkan dengan voucher belanja, gratis biaya tahunan, fasilitas airport lounge, dan lain sebagainya.

Dalam situasi darurat, kartu kredit juga bisa bertindak sebagai dana talangan. Catat, punya kartu kredit itu menguntungkan kalau Anda memang pembelanja aktif dan mampu disiplin dalam membayar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kartu keanggotaan



Kartu keanggotaan

Jika Anda merupakan pelanggan tetap sebuah supermarket atau departemen store, maka Anda wajib memiliki kartu keanggotaan. Dengan memiliki kartu sakti ini, Anda bisa mendapatkan diskon khusus anggota dan bisa mengumpulkan poin yang nantinya bisa ditukar dengan voucher belanja. (Baca juga: Kenapa Harga Baju Anak Lebih Mahal Dibandingkan Baju Orang Dewasa?)

Kartu asuransi

Jangan tinggalkan kartu asuransi kesehatan dan kartu asuransi mobil. Ketika Anda harus masuk rumah sakit tiba-tiba atau menabrak mobil lain, tinggal keluarkan si kartu sakti dan Anda pun bisa berhemat banyak.

Bagimana dengan Anda, benda apa yang Anda letakkan di dompet supaya lebih hemat?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini