Sukses

Ini Cara Cerdas Hemat Uang Buat yang Doyan Belanja

Sebagian besar orang punya hobi belanja dan menghabiskan uang.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak suka belanja? Sebagian besar orang punya hobi belanja dan menghabiskan uang, apalagi jika liburan tiba, jalan-jalan dan bisa membeli banyak barang.

Tabungan selama setahun pun bisa ludes jika tidak dikontrol, bahkan yang lebih parah untuk memenuhi keinginan belanjanya, orang sampai rela berhutang. Anggaran dan niat berhemat yang sudah direncanakan hanya isapan jempol belaka.

Melansir laman Reviewonline, berikut ini ada beberapa cara cerdas untuk meminimalisir utang buat kamu yang hobi belanja:

Buat anggaran liburan dan belanja yang realistis

Yang paling utama dan harus dilakukan adalah membuat anggaran. Pastikan kamu membeli kebutuhan utama terlebih dulu, sementara untuk belanja yang kurang dibutuhkan bisa dibeli setelah semua barang utama terpenuhi.

Belanja di awal

Berbelanja lebih awal dari jadwal biasanya, karena ini lebih membantu kamu mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan, sementara misalnya di bulan muda di mana semua orang juga belanja kemungkinan banyak stok barang yang kamu cari habis, sehingga bisa jadi kamu membeli barang yang tidak direncanakan dan anggaran pun jadi menipis.

Belanja online

Kadang-kadang penawaran dan diskon terbaik berbelanja justru dapat ditemukan di toko online.

Bandingkan harga di toko dan secara online

Kamu juga bisa mendapatkan penawaran dan diskon terbaik ketika membandingkan harga online dengan harga barang-barang di toko atau swalayan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan beli hadiah



Jangan membeli hadiah jika tidak mampu

Demi membahagiakan orang-orang yang disayangi di hari istimewanya, terkadang orang suka memaksa untuk membelikan hadiah, sebaiknya jka kamu tidak mampu membeli hadiah untuk mereka, jangan memaksa.

Namun bila memang merasa tetap ingin memberi, ada cara kreatif yang bisa dilakukan seperti membuat hadiah sendiri yang jauh lebih hemat dan hal ini pun tetap berkesan.

Hindari membeli pakaian atau barang-barang lainnya saat berlibur

Ini yang paling sering terjadi, ketika berlibur ke suatu tempat tidak membeli baju atau barang-barang unik rasanya tidak afdol. Jika dana terbatas sebaiknya jangan menghabiskan masa liburan untuk membeli banyak barang yang kurang dibutuhkan, tapi nikmati saja libur kamu dengan berjalan-jalan tanpa harus belanja kebutuhan yang tidak perlu.

Jangan rencanakan liburan dan perjalanan mendadak

Jangan menunggu sampai menit terakhir untuk membuat rencana perjalanan. Liburan adalah waktu yang sibuk, jika kamu tahu bahwa akan bepergian untuk mengunjungi keluarga atau teman-teman, penting untuk merencanakan transportasi dan akomodasi lebih awal.

Kadang membeli tiket dadakan harganya bisa lebih mahal, sementara jika sudah menganggarkan dari jauh hari, kamu pun masih punya waktu untuk menabung lagi.​

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.