Sukses

10 Pelajaran bagi Pengusaha dari Orang Terkaya di Meksiko

Orang terkaya asal Meksiko Carlos Slim mengatakan, persaingan akan selalu membuat lebih baik meski pesaing Anda menang.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mencoba untuk berkecimpung sebagai pengusaha dengan beragam bisnis yang ditekuni. Akan tetapi, tidak semua orang dapat berhasil dengan profesinya tersebut. Ada yang berhenti di tengah jalan, atau bahkan ada yang berhenti saat hampir ingin mencapai puncak karena tidak kuat bersaing dengan yang lain.

Namun, tahukah Anda "persaingan membuat Anda lebih baik, selalu membuat lebih baik, bahkan jika pesaing menang"? Hal ini disampaikan oleh orang terkaya Meksiko yang selalu kaya akan saran dan pelajaran yang ia pelajari dari cara yang keras, yaitu Carlos Slim.

Ketika perusahaan sedang kesulitan, biasanya menyalahkan persaingan meningkat dan kondisi ekonomi tak mendukung. Namun bisnis Carlos Slim mampu bertahan hadapi resesi dan perlambatan ekonomi.

Carlos Slim disebut sebagai orang terkaya di Meksiko karena ia memiliki bisnis di berbagai bidang, yaitu real estate, ritel, telekomunikasi, pertambangan, jasa keuangan, tembakau, aluminium, ban, tembaga, asuransi, restoran, minyak dan gas, kertas, hotel, serta masih banyak lagi yang lain. Oleh karena itu ada perkataan masyarakat di Meksiko kalau tinggal di Meksiko tidak dapat terhindar dari bisnis Carlos Slim.

Melansir laman knowstartup.com, seperti ditulis Sabtu (31/12/2016), berikut sepuluh pelajaran sukses bagi pengusaha yang disampaikan oleh orang terkaya di Meksiko:

1. Membuat uang saat tertekan

Anda dapat meniru cara Carlos yang unik, yaitu membangun kekayaan selama salah satu resesi ekonomi yang paling sulit di Meksiko. Strateginya adalah untuk menemukan perusahaan yang relatif sehat, walau dinilai rendah berdasarkan sentimen terlalu negatif.

Runtuhnya kepercayaan investor, penukaran mata uang dan harga menyebabka nilai rendah untuk perusahaan yang sangat berharga. Padahal perusahaan itu tidak punya masalah keuangan besar. Salah satu contoh perusahaan itu adalah Cemex.

Cemex merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di dunia, yang dulunya hanya bernilai US$ 26 juta atau sekitar Rp 349 miliar (asumsi kurs Rp 13.460 per dolar Amerika Serikat), namun Januari 2016 kemarin telah bernilai sebanyak US$ 60 miliar atau Rp 800,94 triliun.

2. Memiliki struktur organisasi yang sederhana

Selalu miliki struktur organisasi yang sederhana, tingkat hierarki rendah; menyediakan manusia dan pengembangan dalam rumah pada eksekutif; mempertahankan fleksibilitas dan kemampuan pengambilan keputusan yang cepat; bekerja dengan keuntungan pada perusahaan kecil.

3. Tetap fokus pada modernisasi, pertumbuhan, pelatihan, kualitas

Pastikan untuk tetap fokus pada modernisasi, pertumbuhan, pelatihan, kualitas, penyederhanaan, dan perbaikan terus-menerus dari proses produksi. Meningkatkan produktivitas dan daya saing; mengurangi biaya dan pengeluaran, performa juri berdasarkan pada pengetesan global.

4. Hidup tanpa rasa takut dan rasa bersalah

Carlos Slim menyebutkan rasa takut adalah perasaan terburuk yang dimiliki seseorang. Hal itu juga dapat melemahkan, menghambat tindakan, dan menekan orang tersebut. Sedangkan rasa bersalah merupakan beban luar biasa dalam hidup, cara kita berpikir dan bertindak.

Rasa bersalah dan takut membuat sulit pada saat ini dan menghalangi masa depan. Untuk melawan rasa takut dan rasa bersalah, kita harus memiliki rasa yang baik dan menerima diri apa adanya, dengan realitas kita, manfaat dan penderitaan kita.

5. Berinvestasi di daerah pelanggan yang tidak dapat menolak

Anda dapat mencoba cara Carlos Slim berinvestasi di berbagai bidang. Carlos telah berinvestasi di real estate, toko roti, telekomunikasi, lembaga pendidikan, kesehatan, fashion, museum, dan lain-lain. Dengan hal itu, tentu pelanggan tidak dapat menolaknya karena pasti pelanggan membutuhkan semua itu atau salah satunya sekalipun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memiliki pendidikan yang baik

6. Memiliki pendidikan yang baik

Sebaiknya Anda harus meningkatkan pendidikan karena pendidikan yang baik dapat membantu seseorang mengelola bisnis besar yang lebih baik.

Pengambilan keputusan dapat memungkinkan keberhasilan bisnis Anda. Carlos sendiri berpengalaman dalam mendorong seseorang untuk berinvestasi pada saat ekonomi di bawah dan menjadikannya sukses. Mengapa demikian? Hal ini karena selama ekonomi di bawah, perusahaan premium dapat dibeli dengan sebagian kecil dari nilai saham mereka yang sebenarnya.

7. Jadilah rendah hati

Walau nantinya usaha Anda sukses, jangan lupa untuk tetap rendah hati, seperti yang dicontohkan oleh Carlos. Meski Carlos telah kaya raya, ia tetap hidup sederhana. Ia tetap tinggal di rumahnya yang sederhana selama 40 tahun, ia berkendara sendiri ke kantor yang jaraknya sekitar 1 mil dari rumahnya, dan  tetap menyempatkan untuk makan malam bersama anak-anaknya setiap minggu.

8. Persiapkan diri

Mungkin banyak orang memperhatikan Carlos Slim ketika memperoleh Talmex dan muncul dalam Forbes, daftar miliarder dunia. Namun, sebelum itu semua, Carlos Slim  telah mempersiapkan untuk mejalani proses kewirausahaan.

Salah satu sifat untuk menjadi seorang pengusaha sukses adalah kemampuan untuk mengenali peluang bisnis ketika datang menghampiri. Orang kulit hitam terkaya di dunia, Aliko Dangote, pernah mengatakan untuk sukses dalam bisnis, Anda harus berdoa untuk istirahat panjang dan mempersiapkan untuk mengambil keuntungan dari kesempatan yang menghampiri.

9. Tetap berpegang pada "permainan"

Kewirausahaan seperti permainan, begitu juga dengan investasi. Untuk berhasil dalam permainan ini, Anda harus berkomitmen untuk proses kewirausahaan dan bermain untuk menang.

Sebelum muncul orang terkaya di dunia, Carlos Slim telah sukses sebagai pengusaha dan memiliki segala alasan untuk pensiun. Namun, ia terjebak pada proses.

10. Memahami bisnis Anda hingga ke inti

Carlos Slim Helu terkenal mengendalikan lebih dari 200 perusahaan di seluruh dunia. Bagaimana ia memulai dan bagaimana ia bisa sampai di sana? Ia mampu untuk memulai usaha dan bahkan telah tumbuh lebih dari 200 perusahaan, yaitu karena ia mengerti bisnisnya hingga ke inti. Sebaiknya mulai untuk memahami bisnis Anda hingga ke inti agar bisa seperti Carlos.  (Fitriana Monica Sari)

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.