Sukses

Begini Cara Warren Buffett Berinvestasi Saham

Warren Buffett adalah salah satu dari tiga orang terkaya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Investasi bisa dikatakan kegiatan keuangan yang tidak mudah. Pengalaman dan kemahiran anda dalam menganalisa pasar serta investasi yang tinggi sangatlah dibutuhkan. Sebagai investor yang ingin memulai usaha dan juga investasi, Anda butuh salah satu tokoh motivasi atau penyemangat yang bisa menginspirasi. 

Salah satunya adalah Warren Buffett. Bagi Anda yang berkutat di dunia saham, investasi dan bisnis namanya sangatlah tidak asing. Apa saja cara Warren Buffet dalam berinvestasi saham, selain itu siapa tokoh mendunia ini?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut ulasannya, Minggu (4/12/2016):

Profil Warren Buffett, Investor Kaya Dunia

Warren memiliki nama lengkap Warren Edward Buffett, kelahiran Nebraska, 30 Agustus 1930 yang berarti sudah 86 tahun. Ia merupakan investor, pengusaha sukses, direktur utama sekaligus pemegang saham di Berkshire Hathaway.

Ia merupakan salah satu pria dari 5 orang terkaya di dunia menurut Forbes pada tahun 2015. Tentu saja bagi majalah Times, Warren Buffett termasuk ke dalam 100 orang berpengaruh di dunia.

Buffett terkenal akan investor kaya yang dermawan. Ia menyumbangkan kekayaannya sebanyak 99 persen untuk yayasan yang menangani penyakit Kanker Prostat. Selain itu Buffett termasuk yang menganut metode Value Investing dan sampai sekarang Buffett terkenal dengan julukan Oracle of Omaha atau penyihir dari Omaha, salah satu daerah di Nebraska, Amerika Serikat.

Ide utama investasi adalah melihat saham sebagai sebuah bisnis, menggunakan fluktuasi pasar sebagai keuntungan, dan mencari margin pengaman. Itulah yang diajarkan Benjamin Graham kepada kita. Seratus tahun dari sekarang pemikiran itu masih akan menjadi pondasi dari investasi.

Ada beberapa strategi atau cara yang Buffett terapkan dan dibagi olehnya, apa saja :

• Bersabar dalam Berinvestasi

Sistem yang diterapkan oleh Buffett bukanlah transaksi perminggu atau perbulan yang biasa dilakukan oleh para investor modern. Ia masih percaya bahwa investasi membutuhkan kesabaran dan juga kerja keras. Investasi berarti kerja keras dan jangka panjang, sehingga Anda harus ekstra sabar.

Bahkan Buffett melakukan transaksi perdekade yang artinya dilakukan selama bertahun-tahun. Itulah kunci kesuksesan yang berarti dan kunci bagi para investor baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan hal kecil

• Fokus dan Perhatikan Hal Kecil

Beberapa investor terkadang menyepelekan hal kecil dan lebih memperhatikan hal makro yang mempengaruhi investasi mereka, seperti hal politik, ekonomi secara global dan lainnya. Buffett mengatakan bahwa makro bukanlah hal yang tidak penting, namun bukan juga prioritas. Usahakan fokus dan juga memperhatikan hal kecil.

Apalagi yang berkaitan dengan investasi terkait. Hal makro biarkan berjalan dan amati saja efeknya, namun bukan berarti Anda harus memusatkan konsentrasi Anda pada hal tersebut.

Bisnis yang akan berhasil tentu saja yang berkonsentrasi dan juga fokus pada satu dua poin utama. Jika semua dianggap penting dan berpengaruh, maka Anda kehilangan titik utama.

• Lakukan Bisnis Bukan Hanya Investasi

Agar sukses ternyata Waren Buffett tidak membiarkan uangnya keluar secara sia-sia. Jika Anda hanya ingin investasi, maka keuntungan dan juga kesuksesan akan sulit di tangan.

Masuknya Anda sebagai investor menandakan Anda sudah siap menjadi pebisnis dalam dunia keuangan. Usahakan untuk lakukan bisnis, bukan hanya investasi dimana anda menyimpan uang masa depan Anda.

3 dari 3 halaman

SDM berkualitas

Sumber Daya Manusia dan Manajemen yang Berkualitas

Dalam sebuah perusahaan pilar utamanya bukanlah Anda sebagai pemegang saham saja, melainkan manajemen dan sumber daya manusia di dalamnya. Buffett pasti akan menolak bekerja sama jika sebuah perusahaan tersebut terbiasa memainkan laporan keuangan agar terlihat baik dan menaikkan reputasi perusahaan.

Manajemen yang jujur justru akan membantu adanya evaluasi dan juga pengelolaan keuangan yang benar. Dia tidak akan menginvestasikan uangnya sebelum kedua faktor yaitu posisi kompetitif perusahan yang kuat dan manajemen yang hebat) ada sekaligus pada suatu perusahaan.

Berkiprahlah Sesuai Kompetensi Anda

Dunia investasi memiliki banyak metode dan juga cara, dan beragam sistem. Anda sendiri bisa menentukannya dari cara Anda bekerja, berbisnis dan melakukan investasi. Buffett mengatakan bahwa sebaiknya jika ingin sukses dan matang maka Anda berkiprah sesuai dengan kompetensi atau kemampuan Anda.

Bukan berarti dalam dunia investasi Anda akan aman keluar dari zona keahlian yang dikuasai. Lebih baik lakukan sesuai kemampuan dan kompetensinya.

Jadi Investor Sukses Membutuhkan Waktu

Anda bisa mengikuti berbagai tips yang diberikan Buffett. Menjadi investor memang tidak mudah apalagi investor yang sukses seperti Waren. Membutuhkan waktu dan memakan berbagai pengalaman pahit maupun baik. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menjadi lebih sukses dibandingkan Waren di usia Anda sekarang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.