Sukses

Begini Strategi Pertamina Cegah Penyebaran BBM Tercampur Air

Pertamina juga melaporkan ada biosolar tercampur air kepada Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menghentikan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bios‎olar yang dicampur dengan FAME atau Bahan Bakar Nabati (BBN). Langkah ini mengantisipasi penyebaran BBM tercampur air.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro mengatakan, Pertamina menghentikan penyaluran biosolar tercampur FAME yang berasal dari terminal BBM untuk menjaga kualitas BBM terutama jenis solar. Cara ini juga menghindari penyebaran BBM tercampur air. Pertamina pun mengganti BBM itu dengan solar murni.

"Kami stop distribusi solar dari terminal BBM Plumpang. Ini untuk memberikan jaminan quality control ke pelanggan. Jadi kami menyalurkan solar murni," kata Wianda, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Wianda menuturkan, penghentian penyaluran biosolar tercampur FAME dari terminal BBM Plumpang, dilakukan sampai penyelidikan polisi terhadap biosolar yang tercampur air sudah selesai dan diketahui penyebab pastinya.

"Sampai saat ini, kita tunggu seluruhnya clear dan penyidikan kepolisian selesai," ujar Wianda.

Wianda melanjutkan, Pertamina juga melaporkan ada biosolar tercampur air ke Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) sebagai regulator yang mengawasi program campuran BBN pada solar sebesar 20 persen.

"Selain Kepolisian kami laporkan ke Ditjen EBTKE sebagai regulator. Kami laporkan kondisi fame seperti ini maka belum kami campurkan terlebih dahulu. EBTKE mendukung melakukan pengecekan," tutur Wianda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini