Sukses

5 Uang Kertas dengan Pecahan Terbesar di Dunia

Setiap negara memiliki desain uangnya sendiri. Uang ini dicetak agar proses transaksi jual beli bisa dengan lebih mudah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Uang berfungsi sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum oleh masyarakat. Keberadaan uang memberikan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern.

Setiap negara memiliki desain uangnya sendiri. Uang ini dicetak agar proses transaksi jual beli bisa dengan lebih mudah dilakukan. Namun ada beberapa desain uang kertas dengan pecahan sangat besar.

Melansir oddee.com, Minggu (18/9/2016) berikut ulasannya:

1. Uang Kertas 500 juta miliar dinara
Negara: Yugoslavia


Sebelum pecah pada tahun 2006, Yugoslavia merupakan negara di sebelah tenggara Eropa. Mata uang negara ini adalah Dinara. Di tahun 1989, negara ini mengalami hiperinflasi. Alhasil pemerintah negara pun mencetak uang kertas bernilai 500 juta miliar.

2. Uang kertas tawanan
Negara: Cekoslovakia

Uang kertas ini diciptakan oleh Nazi untuk kamp konsentrasi di Theresienstadt, Cekoslovakia. Hal ini sengaja dilakukan Nazi untuk menunjukkan kepada Palang Merah dan badan-badan lain bagaimana tahanan Yahudi dirawat dengan baik dengan menyelenggarakan acara-acara kebudayaan dan sekolah untuk anak-anak mereka.

Padahal, faktanya justru berbalik dengan apa yang mereka tunjukkan. Tawanan Nazi banyak yang tewas akibat perlakuan tidak baik oleh para penjaganya. Uang kertas tersebut pun sebenarnya tidak diakui nilainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Uang Kertas 100 Triliun

3. Uang kertas 100 triliun dolar Zimbabwe
Negara: Zimbabwe

Negara Zimbabwe mulai mencetak uang ini pada bulan Januari tahun 2009. Pada masa itu, Zimbabwe mengalami inflasi yang sangat tinggi. Besarnya inflasi negara tersebut mencapai 231 juta persen. Apabila disetarakan, 100 triliun dolar Zimbabwe setara dengan US$ 300.

4. Uang kertas 100 juta miliar pengo
Negara: Hungaria

Mata uang Hungaria sebelum perang dunia kedua adalah Pengo. Di masa itu, Pengo mengalami inflasi yang sangat besar. Alhasil, pemerintah pun mencetak uang kertas bernilai 100 juta miliar pengo.

5. Uang Kertas 100.000 peso
Negara: Filipina

Uang kertas ini dicetak dalam ukuran setara dengan kertas A4. Pemerintah Filipina mencetak uang ini untuk merayakan 100 tahun kemerdekaan dari penjajahan Spanyol. Ditaksir, uang ini setara nilainya dengan US$ 3.700 atau Rp 48,6 juta. (vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini