Sukses

BGD Bakal Genggam Saham Bank Pundi hingga 68 Persen

PT Banten Global Development (BGD) sedang persiapkan perubahan dari bank pundi jadi bank banten.

Liputan6.com, Serang - Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)nya yaitu PT Banten Global Development (BGD) akan akuisisi saham bank Pundi hingga 68 persen.

"Bank Pundi itu sudah harus jadinya Bank Banten. Langkah pertama sudah berhasil dilaksanakan. Ini belum tuntas, tapi sudah resmi jadi Bank Banten.  Sementara aktivitas pusatnya di sana (Jakarta). Per hari ini (Jumat 9 September 2016) sudah 35 persen, lalu Oktober 51 persen, dan Februari 68 persen," kata Sudibyo, Direktur Utama PT Banten Global Development (BGD), saat ditemui di kantornya, Jumat (9/9/2016).

Peluncuran bank Banten itu akan berlangsung pada 4 Oktober 2016 yang bertepatan dengan HUT Banten ke-16. "Jika tidak ada halangan akan di launching bertepatan dengan HUT Banten," ujar dia.

Sebelum resmi di launching, Sudibyo mengatakan, pihaknya akan melakukan perubahan papan nama dari bank Pundi menjadi bank Banten di seluruh Indonesia.

"Sekarang dalam proses persiapan fisik. Insya Allah sebentar lagi jadi, berubah, bisa lihat papan nama Bank Banten," ujar dia.

Sebelumnya PT BGD mengakuisisi saham bank Pundi ini dilatarbelakangi dari pemerintah provinsi Banten yang memerlukan dukungan lembaga keuangan. Pembentukan lembaga keuangan ini untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Banten.

Dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah provinsi Banten tahun 2012-2017, pemprov Banten memiliki arah kebijakan untuk membentuk bank pembangunan daerah Banten melalui penyertaan modal oleh PT BGD.

Berdasarkan keterangan tertulis, setelah melalui proses seleksi internal yang dilaporkan kepada Gubernur dan DPRD Provinsi Banten sebagai pemangku kepentingan, PT Banten Global Development (BGD) memiliki bank Pundi yang dinilai memenuhi kriteria menjadi bank target akuisisi.

Untuk akuisisi saham bank Pundi itu, ada sejumlah cara dilakukan. Pertama, penyetoran saham baru melalui proses penambahan modal dan penerbitan saham baru bank Pundi.

Kedua, pembelian saham dari PT Recapital Securities sebagai pemegang saham pengendali Bank Pundi. PT Banten Global Development dan PT Recapital Securities telah menandatangani perjanjian induk pada 11 Mei 2016. (Yandhi D/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini