Sukses

Mentan Bantah Pemerintah Kalah dengan Kartel Daging

Menteri Pertanian Amran Sulaiman membantah tingginya harga daging sapi di pasar lantaran pemerintah tidak bisa mengatasi kartel.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman membantah masih tingginya harga daging sapi di pasar lantaran pemerintah tidak bisa mengatasi keberadaan kartel daging.

Menurut Amran, pihaknya telah melakukan berbagai cara untuk menekan harga daging. Salah satunya dengan membuka impor daging beku untuk konsumsi masyarakat. Padahal sebelumnya, impor daging tersebut hanya diperuntukkan untuk kebutuhan industri, hotel, restoran dan katering (horeka).

"Gini sekarang ini dulu ada Permentan (Peraturan Menteri Pertanian) melarang daging frozen masuk ke pasar, ini kami cabut. Kenapa dilarang, biar berikan pilihan kepada masyarakat soal harga," ujar dia di Mabes Polri, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Amran mengungkapkan, harga daging beku ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga daging segar yang dijual di pasar-pasar tradisional. Dengan membuka daging beku ini ke pasaran, Mentan berharap harga daging segar juga ikut turun.

‎"Harganya cuma Rp 70 ribu-Rp 75 ribu. Ini (larangan) kami cabut. Ini harus kita lepas agar masyarakat bisa memilih harga daging murah dan kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi," kata dia.

Amran juga ‎menyatakan, pihak terus berupaya untuk menghilangkan adanya kartel daging di Indonesia. Salah satunya dengan menggandeng kepolisian dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

"Tidak (pemerintah tidak kalah dengan kartel). Sekarang kita sudah rapat bersama dengan Kapolri, Menteri Perdagangan dan KPPU.‎ Kemudian kita mengisolasi Jabodetabek dulu, agar peternak kecil bisa terjaga. (Formula mengatasi kartel daging) Itu nanti," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini