Sukses

Tanyakan 5 Hal Ini Sebelum Minta Naik Jabatan

Liputan6.com, Jakarta - Karier yang mulus serta mampu menduduki jabatan tinggi merupakan impian besar bagi semua orang. Setiap orang pun berusaha keras agar impian tersebut dapat terwujud dengan lancar. Mereka rela untuk bekerja keras dan menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Walau semua orang ingin untuk memperoleh posisi top di tempat kerja, tidak semua orang ternyata mampu untuk melakukannya.

Berikut 5 hal yang Anda harus tanyakan pada diri sendiri sebelum menerima pinangan kenaikan jabatan seperti dikutip dari learnvest.com, Selasa (28/6/2016)

1. Apakah saya punya kemampuan mengatur orang?

Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan mumpuni untuk mengatur anak buahnya. Sebelum Anda mengajukan diri untuk bisa mengisi jabatan yang lebih tinggi, ada baiknya apabila Anda menanyakan hal ini pada diri Anda. Telisik kembali apakah Anda benar-benar memiliki kemampuan yang cukup untuk mengisi jabatan yang lebih tinggi.

2. Apa yang akan saya kerjakan sehari-hari

Berada di posisi yang baru berarti Anda juga akan dihadapkan dengan pekerjaan yang baru. Hal ini tentu saja harus Anda pahami dengan baik agar pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Bagaimana performa saya akan dinilai?

Posisi tinggi tidak berarti Anda lepas dari penilaian kapabilitas yang biasanya rutin dilakukan. Anda harus tahu tentang poin penting yang mendukung penilaian Anda di posisi yang baru. Mengetahui hal ini dapat memudahkan untuk bekerja lebih semangat.

4. Seberapa besar tanggung jawab yang harus dilakukan?

Walaupun diberikan tanggung jawab yang lebih besar, ada batasan yang harus tetap ditaati. Batasan ini biasanya menyangkut seberapa banyak nantinya orang yang akan berada di bawah komando Anda. Ini juga menjadi tolak ukur akan sejauh mana tanggung jawab Anda di posisi baru akan diperhitungkan.

5. Tantangan apa yang akan dihadapi?

Setiap posisi pekerjaan memiliki tanggung jawab serta tantangannya tersendiri. Mengerti akan hal ini akan membuat Anda lebih siap dalam menjalani posisi yang baru di tempat kerja. (Vna/Ndw)

* Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.