Sukses

Dulu Truk Butuh 3 Jam, Pakai KA Logistik Kini Cuma 70 Menit

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI (KA Logistik) bersama PT Pelindo II (Jakarta International Container Terminal/JICT) meresmikan pengoperasian kereta logistik Pelabuhan Tanjung Priok-Cikarang Dry Port. Pengoperasian kereta ini mampu menghemat waktu angkut kontainer antar kedua lokasi tersebut.

Direktur Operasi KA Logistik Sugeng Priyono mengatakan, selama ini untuk mengangkut ‎kontainer dari Pelabuhan Tanjung Priok-Cikarang Dry Port dengan menggunakan truk membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.‎ Namun dengan kereta logistik ini kini hanya memakan waktu 70 menit.

"‎Estimasi waktu 70 menit itu sekitar 50 km-60 km. Jadi waktunya lebih cepat. Kalau dengan truk 2-3 jam," ujar dia di Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Selain itu, pemanfaatan kereta logistik ini juga dinilai akan meringankan beban jalan raya. Selain itu, adanya kereta ini juga mengurangi kemacetan keluar mas‎uknya kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok, terlebih saat mudik Lebaran nanti.

‎"Ini tidak memenuhi jalan raya, muatan di jalan raya pasti berkurang. Terlebih lagi pada saat peak season seperti ini‎. Kalau pakai kereta juga tidak ada pungutan di jalan," kata dia.

Sementara itu, Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Agung Kuswandono mengatakan,  penggunaan kereta logistik ini juga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan pengusaha.

Setidaknya, akan ada efisiensi sekitar 20 persen jika menggunakan truk. "Ini lebih murah bila dibanding menggunakan truk," ungkap dia.

Agung mengaku, sebenarnya kereta ini telah mulai beroperasi sejak 7 April 2016. Pada saat itu kereta api logistik ini telah melakukan proses bongkar muat kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok melalui Empaisemen KA JICT Tanjung Priok.

"Spot yang dilayani saat ini baru ke Cikarang Dry Port (CDP) di Jababeka Bekasi. Dengan kapasitas rata-rata per hari 25-30 box kontainer," kata dia.

Direncanakan bila berjalan normal, rata-rata sekitar 250 box dari dan ke Cikarang Dry Port akan terangkut, dengan satu kali trip pada pagi hari jam 08.00 WIB masuk dari CDP ke Emplasemen JICT dan sore hari pukul 16.00 WIB dari Emplasement KAICT menuju CDP. (Dny/Nrm)