Sukses

Pemerintah China Pindahkan 2 Juta Orang Miskin ke Perkotaan

Banyak orang miskin China hidup di kondisi yang sangat buruk.

Liputan6.com, Jakarta - China berencana untuk merelokasi lebih dari dua juta orang miskin ke area lebih layak pada tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi tingkat kemiskinan pada tahun 2020.

Melansir laman shanghaidaily.com, Minggu (15/5/2016), banyak orang miskin China hidup di kondisi yang sangat buruk. Kepala Dewan Pengentasan Kemiskinan dan Pembangunan Ling Yongfu mengatakan bahwa relokasi ini dapat membantu mereka untuk mendapat kehidupan yang lebih baik.

Beberapa dari orang miskin tersebut akan dipindahkan ke kota dengan fasilitas yang lebih memadai. Fasilitas ini nantinya akan membuat mereka lebih mudah untuk mendapat akses-akses layak seperti pendidikan, kesehatan dan kesempatan kerja.

Liu juga mengatakan bahwa beberapa orang juga dipindahkan ke daerah industri agar mampu mendapat kesempatan kerja lebih baik.
Selain dipindah ke kota dan daerah industri, sebagian dari mereka juga akan di relokasi ke daerah yang dekat dengan jalan dan sumber air.

Pada fase awal, pemerintah China akan mencoba untuk memindahkan dua juta orang. Hal ini merupakan bagian kecil dari rencana besar selanjutnya yang memiliki target hingga 10 juta orang.

Pada Maret 2016, Perdana Menteri China, Li Keqiang berjanji untuk mendorong 43 persen pendanaan untuk program bantuan pengentasan kemiskinan. Sementara Oktober tahun lalu, Pemerintahan Xi Jinping menargetkan untuk mengentaskan 70 juta orang miskin pada 2020. (vna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.