Sukses

7 Ketakutan yang Tak Dimiliki Orang Kaya

Kebanyakan orang sukses dan kaya di dunia tidak memiliki ketakutan-ketakutan berikut dalam hidupnya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang dikontrol oleh emosi, bukan sebaliknya. Salah satu emosi yang membuat gagal adalah rasa takut.

Ketakutan tersebut berasal dari diri sendiri seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.

Jika Anda ingin meraih sukses, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatasi ketakutan terbesar. Karena kebanyakan orang sukses dan kaya di dunia tidak memiliki ketakutan-ketakutan berikut dalam hidupnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Rabu (23/3/2016).

1. Takut Dikritik

Banyak orang takut untuk hidup dalam impian mereka karena takut dengan apa yang akan orang lain katakan. Misalnya, orangtua bersikeras agar Anda melanjutkan sekolah untuk meraih gelar master. Namun di sisi lain Anda merasa sudah siap untuk mulai berbisnis.

Hal ini merupakan masalah paling umum yang dialami banyak orang, yakni membuat keputusan berdasarkan apa yang orang pikirkan. Bahkan membuat keputusan berdasarkan pendapatan  sahabat terdekat, keluarga, pacar bisa membuat menyesal seumur hidup.

Sebaliknya, pikirkan tentang apa yang orang lain katakan jika Anda mencapai kesuksesan. Jika Anda dalam posisi di atas, pikirkan tentang apa yang orangtua katakan jika bisnismu berhasil. Bukankah mereka akan mereka bangga pada Anda? Bagaimana jika itu adalah keputusan terbaik yang pernah  Anda buat? Semuanya sangat mungkin bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Takut Miskin

Banyak orang terjebak dengan kondisi ‘bertahan hidup’. Contohnya adalah Anda berusia 26 tahun, punya pekerjaan layak, dan bekerja 40 jam dalam seminggu.

Anda menjalani hidup yang biasa-biasa saja, mampu membayar semua tagihan, serta makan layak tiga kali sehari. Namun jika Anda mau mencari pekerjaan yang lebih baik dan memanfaatkan bakat yang diberikan Tuhan (bakat bermusik misalnya), Anda sebenarnya bisa hidup lebih baik.

(Baca juga: Inilah Jumlah Jam Tidur Orang-orang Sukses Dunia)

Sayangnya, Anda takut kehabisan uang. Anda takut jika keputusanmu keluar pekerjaan membuat Anda miskin. Banyak orang yang akhirnya lebih puas berada dalam posisi ‘bertahan’ hidup daripada ‘berjuang hidup’. Jangan biarkan ketakutan jatuh miskin menghalangimu dari mimpi yang sebenarnya.

3. Takut menjadi tua

Benjamin Franklin berkata, "Kebanyakan orang meninggal di usia 25 namun dikuburkan di usia 75."

Bagi sebagian orang, kematian metaforis ini terjadi ketika mereka memutuskan untuk menetap dalam gaya hidup yang biasa-biasa saja. Orang-orang ini merasa mimpi mereka tidak bisa diwujudkan sehingga memilih untuk menjalani hidup yang monoton.

Takut menjadi tua ini bisa berbahaya ketika Anda harus mengambil transisi dalam karier. Misalnya, "Bagaimana mungkin aku harus pindah ke bidang real estate jika saya sudah berada di asuransi kesehatan sepanjang hidup saya?Bagaimana jika saya gagal dan pada akhirnya keluarga saya tidak bisa makan?"

Pada akhirnya, berapapun usia tidak penting. Yang terpenting adalah percaya pada diri sendiri.

4. Takut gagal

Gagal identik dengan konotosi negatif. "Bagaimana jika tidak berhasil? Bagaimana jika tidak seorang pun yang menyukainya?"

Alih-alih berpikir tentang semua kemungkinan yang bisa membuat gagal, berkonsentrasi pada semua cara yang mungkin membuat berhasil ! Bahkan jika pada akhirnya Anda gagal atau berbuat kesalahan, kegagalan tersebut akan memberikan Anda kesempatan untuk merefleksikan diri. Anda harus gagal sebelum berhasil . Jadi jangan takut untuk maju dan mencoba!
(Baca juga: Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia)

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Takut menyinggung perasaan orang lain

Ini pendekatan yang salah. Anda harus berani bertindak untuk mencapai impian. Banyak orang takut bertindak sedikit sombong karena takut dicap arogan. Pada kenyataannya tidak akan ada yang akan mengenali bakat kecuali Anda menunjukkannya pada mereka.

6. Takut terlihat bodoh

Seringkali Anda memandang lemari dan berkata, “Aku tidak akan memakai baju itu karena pasti akan terlihat bodoh.” Hal ini juga berlaku saat Anda berpidato, menulis artikel, atau situasi lain saat Anda diharuskan unjuk kebolehan.

Orang sukses menganggap kebodohan mereka sebagai keunikan. Bagi mereka, hal yang paling terlihat bodoh adalah sama sekali tidak mencoba.

7. Takut sukses

Sering kali Anda takut menjadi diri sendiri. Anda takut memperlihatkan diri Anda yang sebenarnya. Jauh di dalam hati,  Anda takut menjadi lebih populer dan lebih kaya. Karena kesuksesan diikuti oleh tanggung jawab yang besar pula, Anda takut jika harus bekerja lebih keras atau waktu senggang tidak sebanyak dulu.

Secara tidak langsung, banyak pula orangtua yang mengajari anak-anak mereka tidak akan bisa sukses dalam hidup. Banyak keluarga menganggap mustahil menjadi sukses, sehingga mereka pun tidak mendorong anak-anak mereka untuk sukses.
(Baca juga: Mau Sukses? Miliki Kebiasaan Pulang Kantor Tepat Waktu)

Pada akhirnya, semua ketakutan di atas dapat diatasi dengan keyakinan dan tujuan . Jika Anda tahu apa yang Anda inginkan dan berani bertindak untuk mengatasi ketakutan tersebut, Anda akan mencapai posisi lebih tinggi dari saat ini. Masalahnya adalah, sudah siap Anda  untuk menjadi sukses? (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini