Sukses

5 Tips Keuangan Aman Saat Ambil Cuti Tanpa Gaji

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani masa cuti dan segera menyambut kelahiran si kecil, tentu menjadi sebuah momen yang menyenangkan dan telah Anda tunggu-tunggu kedatangannya.

Namun bagaimana bila hal tersebut akan Anda jalani dengan kebijakan dari perusahaan yang menerapkan masa cuti melahirkan tanpa gaji bagi karyawannya?

Cuti melahirkan tanpa gaji, hal ini tentu saja bukan hal yang menyenangkan untuk dijalani, mengingat ada banyak hal yang harus Anda persiapkan dalam menyambut kelahiran si kecil.

Meski tidak semua perusahaan memiliki kebijakan ini, namun ada banyak sekali perusahaan yang menerapkan hal tersebut di dalam kebijakan yang mereka gunakan.

Tidak mudah memang, namun Anda tentu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut.

Bagi Anda yang telah mempersiapkan segala sesuatunya sejak lama, kebijakan ini tentu bukanlah menjadi sebuah masalah besar yang akan membuat Anda gusar.

Sebagian besar orang biasanya telah melakukan banyak persiapan sejak masa awal kehamilan, hal tersebut juga tentu menyangkut masalah persiapan keuangan, karena hal tersebut merupakan salah satu hal yang sangat membutuhkan persiapan yang matang.

Untuk membantu Anda, lakukan lima tips di bawah ini yang bisa Anda terapkan dalam mengelola keuangan dengan aman di masa cuti melahirkan tanpa gaji seperti dikutip dari www.cermati.com, Sabtu (12/3/2016):

1. Siapkan Dana Darurat Sejak Awal

Ini merupakan hal penting yang harus Anda persiapkan sejak lama atau setidaknya pada masa-masa awal kehamilan.

Anda harus mampu menyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan sebagai dana darurat yang penggunaannya khusus di masa melahirkan, mengingat Anda tidak akan memiliki penghasilan di masa tiga bulan cuti tersebut.

Pastikan Anda telah menyiapkan dana darurat setidaknya tiga kali pengeluaran rutin bulanan yang Anda dan keluarga butuhkan. Sebaiknya, siapkan ini secara rutin sejak awal kehamilan, agar Anda tidak kerepotan di masa akan melahirkan.

2. Alokasikan Gaji dengan Tepat

Anda juga harus berhemat selama masa cuti kehamilan berjalan, alokasikan setengah dari penghasilan untuk menambah jumlah saldo dana darurat. Ini akan lebih berguna dan sewaktu-waktu dapat membantu, daripada penghasilan tersebut Anda gunakan untuk berbagai hal yang kurang bermanfaat.

2 dari 2 halaman

Susun Anggaran

3. Susun Ulang Anggaran Pengeluaran

Saat Anda menjalani masa cuti hamil tanpa gaji, penghasilan keluarga tentu saja akan mengalami penurunan yang cukup drastis dan hal ini sudah pasti akan mempengaruhi semua rencana pengeluaran yang telah Anda buat sebelumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda perlu menyusun kembali anggaran pengeluaran keluarga, hal ini akan sangat membantu untuk mengatasi kekurangan pemasukan yang terjadi di dalam keuangan.

Hitung dan kurangi jumlah pengeluaran dalam rumah tangga, lakukan hal ini mulai dari pos pengeluaran yang memiliki prioritas terendah dan tidak begitu mempengaruhi banyak hal, antara lain pengeluaran untuk belanja pribadi, pengeluaran untuk makan di luar.

4. Stop Penggunaan Kartu Kredit

Seperti yang sudah disebutkan di awal, selama masa cuti melahirkan tanpa gaji, Anda secara otomatis tidak akan memiliki sejumlah penghasilan.

Untuk itu, Anda sangat dianjurkan untuk tidak membuat berbagai macam bentuk pengeluaran yang sifatnya tidak begitu dibutuhkan.

Dalam masa ini, Anda tentu hanya akan memiliki sejumlah uang yang terbatas akibat berkurangnya penghasilan, bisa jadi Anda akan tergoda untuk menggunakan kartu kredit untuk berbagai macam hal.

Namun ada baiknya untuk menghentikan sementara penggunaan kartu kredit Anda, mengingat selama tiga bulan ke depan Anda tidak akan memiliki sejumlah penghasilan yang bisa digunakan untuk membayar tagihan.

Simpan dan stop penggunaan kartu kredit anda hingga Anda kembali bekerja dan memiliki penghasilan lagi.

5. Mencari Uang Tambahan

Tinggal di rumah dan menghabiskan waktu hanya bersama si kecil tentu akan membuat Anda sesekali merasa jenuh, terutama saat di masa-masa awal kelahiran karena si kecil akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur.

Anda bisa memanfaatkan masa cuti tersebut untuk memulai sebuah pekerjaan sampingan, siapa tahu anda justru memiliki kesempatan menjadi seorang wirausaha.

Pilih jenis pekerjaan yang tidak melelahkan, seperti mencoba bisnis online atau membuat kerajinan tangan yang bisa Anda pasarkan di internet.

Persiapkan Jauh-Jauh Hari Sebelum Mendekati Kelahiran

Meski cuti melahirkan tanpa gaji terlihat sedikit sulit dan akan mempengaruhi keuangan Anda dan keluarga secara keseluruhan.

Namun dengan mempersiapkannya secara sedemikian rupa, maka Anda akan dapat menjalaninya dengan sukacita. Sebagai saran, mulailah untuk mengumpulkan uang jauh-jauh hari sebelum mendekati masa kelahiran, agar dana yang terkumpul bisa lebih banyak. (Ahm/Gdn)