Sukses

Simpan Emas di Pegadaian dengan Cara Mudah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sejak dahulu emas telah dikenal sebagai bentuk investasi yang tergolong aman dan menguntungkan untuk dipilih. Namun meskipun investasi emas lebih baik bila dibandingkan dengan investasi lainnya seperti saham, deposito dan rumah, tapi banyak orang yang memiliki kekhawatiran tersendiri saat berinvestasi dalam bentuk emas karena takut untuk menyimpannya di rumah.

Hal ini bukanlah sebuah alasan lagi bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam bentuk emas karena sekarang banyak kemudahan dan cara yang dapat anda lakukan untuk menjamin keamanan investasi anda itu.

Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan fasilitas dan kemudahan yang disediakan oleh perusahaan milik negara, yakni Pegadaian.

Anda dapat mempertimbangkan beberapa langkah yang disiapkan oleh pegadaian di bawah ini sebagai pilihan cara untuk menyimpan emas seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu (27/1/2016):

1. Menitipkan

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan anda saat berinvestasi emas, pegadaian telah menyiapkan dan memberi Anda layanan penitipan emas dengan biaya yang sangat murah.

Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribu untuk setiap 100 gram emas yang anda titipkan selama sebulan penuh di pegadaian, maka Anda akan merasa aman dan bebas dari rasa takut serta khawatir karena menyimpannya di rumah.

Selain itu, Pegadaian juga menjamin keamanan emas Anda dengan cara mengasuransikannya, jadi Anda tidak perlu menghawatirkan banyak hal bukan.

2. Melakukan pencicilan

Pagadaian juga memberi anda kemudahan untuk mencicil emas dengan cara yang sangat mudah dan tidak merepotkan. Anda cukup datang ke pegadaian dan memilih emas yang Anda ingin cicil, lalu membayar uang muka sebesar 20 persen-30 persen dari nilai emas tersebut. Untuk selanjutnya sisa cicilannya dapat Anda lunasi dalam waktu 1 hingga 36 bulan ke depan.

Saat Anda telah melakukan pelunasan terhadap cicilan emas tersebut, anda dapat segera menerima emasnya dalam kurun waktu 1-2 minggu setelah pelunasan.

Anda juga dapat melakukan pencicilan emas di pegadaian secara online, Anda cukup mengunjungi website resmi pegadaian untuk melakukannya.

3. Membuka tabungan emas

Tabungan emas akan memberi Anda kemudahan untuk membeli emas dan menitipkannya di Pegadaian sebagai bentuk investasi yang sewaktu-waktu dapat dicairkan sebagaimana layaknya uang tabungan.

Produk tabungan emas ini dapat Anda miliki dengan mudah karena hanya dengan setoran yang kecil dan minimal Rp 5.000 dan Rp 10 ribu saja Anda telah dapat berinvestasi.

Untuk nilai investasi Anda akan disesuaikan dengan harga emas saat Anda melakukan investasi pertama kalinya. Saat Anda berniat untuk mencairkan tabungan emas yang anda miliki, maka harganya akan disesuaikan dengan harga pasaran emas saat itu.

4. Gadai emas

Pegadaian juga memiliki sebuah fasilitas yang memungkinkan Anda untuk menitipkan emas milik Anda dengan cara digadaikan.

Bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan sejumlah dana dalam waktu yang sangat singkat, maka hal ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan.

Anda akan mendapatkan dana pinjaman sebesar 85 persen dari nilai emas milik Anda dan hal ini dapat Anda peroleh segera dalam waktu cepat dengan cara menitipkan emas Anda di Pegadaian.

Hal ini akan sangat membantu anda karena Anda dapat memperoleh dana dalam waktu cepat tanpa harus menjual emas milik anda. Selain itu, Anda juga dapat mengambil/menebus kembali emas tersebut segera setelah Anda memiliki dana yang cukup untuk melunasi pinjaman.

Saat melakukan penitipan emas di pegadaian, Anda akan dikenakan sejumlah biaya gadai dan juga biaya administrasi. Untuk biaya gadai tersebut Pegadaian Syariah menghitungnya per 10 hari masa pinjaman, sedangkan pegadaian konvensional menghitungnya per 15 hari.

5. Arisan emas

Selain keempat layanan di atas, pegadaian juga memiliki program arisan dalam bentuk emas. Anda dapat mengikutinya dengan cara mengajukan permohonan ke kantor pegadaian atau dengan cara membentuk kelompok dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan pegadaian.

Program ini akan dilakukan dengan cara mengundi seorang peserta untuk mendapatkan sekeping emas yang beratnya minimal 1 gram. Pegadaian juga memberikan harga yang flat sehingga anda tidak perlu khawatir akan fluktuasi harga emas di pasaran.

Jadi, tertarik melakukannya?

Pertanyaannya, apakah Anda mau melakukan hal di atas atau tidak. Pertimbangkan dahulu untung ruginya agar Anda tidak sampai salah langkah. Jangan ragu juga untuk bertanya, mengingat emas merupakan produk investasi bernilai tinggi dan tidak bisa sembarangan menitipkannya. (Ndw/Zul)