Sukses

Belum Ludes, Cek Ketersediaan Tiket KA Saat Libur Natal

Manajemen KAI imbau kepada penumpang untuk pesan tiket sesuai identitas.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan masih ada beberapa seat untuk keberangkatan kereta api  (KA) di tanggal-tanggal tertentu‎ saat menghadapi libur Natal.

Senior Manajer Humas DAOP 1 Jakarta, Bambang S Prayitno mengungkapkan dari data yang diperoleh sampai Senin 14 Desember 2015 pukul 13.00,  sebagian besar KA masih tersedia tempat duduknya yaitu dari stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk keberangkatan pada 20-22 Desember 2015

"Hanya KA untuk jurusan ke Solo, Malang, Yogyakarta, dan Surabaya yang sudah habis ketersediaan tempat duduknya," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Selasa (15/12/2015).

Bambang menambahkan, KA kelas eksekutif maupun bisnis untuk tujuan Semarang, Cirebon, Tegal dan Kutoarjo masih tersedia. Sedangkan untuk keberangkatan pada 23 Desember 2015 yang masih tersisa yaitu keberangkatan dari Stasiun Gambir, Argo Jati (Gambir - Cirebon) sebanyak 60 persen, Argo Parahyangan (Gambir - Bandung) sebanyak 83 persen, dan Cirebon Ekspres (Gambir – Cirebon) sebanyak 66 persen.

Untuk keberangkatan pada 28 - 31 Desember 2015, KA kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir masih cukup tersedia. Kereta api tersebut antara lain; Argo Anggrek (Jakarta - Surabaya), Argo Lawu dan Dwipangga (Jakarta - Solo), Argo Sindoro dan Muria (Jakarta - Semarang), Argo Jati (Jakarta - Cirebon), serta Argo Parahyangan (Jakarta - Bandung).

Sedangkan untuk keberangkatan dari stasiun Pasar Senen hanya KA Menoreh (Jakarta - Semarang), Fajar Utama Yogyakarta (Jakarta - Yogyakarta), Gajahwong (Jakarta - Yogyakarta), Jayabaya (Jakarta - Malang), Jaka Tingkir (Jakarta - Solo) serta Sawunggalih (Jakarta - Kutoarjo) yang masih tersisa berkisar antara 47 persen - 80 persen.

Bambang menuturkan, data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, dikarenakan online ticketing.

Dia mengimbau kepada calon penumpang untuk pastikan pemesanan tiket sesuai identitas bagi yang akan bepergian. Jika identitas tidak sesuai maka tiket dinyatakan tidak berlaku, pastikan jadwal keberangkatan dan tanggal keberangkatan KA dan pertimbangkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun keberangkatan KA.

Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen, pastikan reservasi melalui agen atau chanel-chanel resmi yang bekerjasama dengan PT KAI. (Yas/Ahm)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.