Sukses

4 Cara Cerdas Atur Uang Saat Libur Tahun Baru

Berikut tips agar Anda dapat cermat mengatur keuangan menyambut tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut tahun baru mungkin Anda sudah mempunyai rencana untuk jalan-jalan bersama keluarga atau ingin memberikan hadiah untuk keluarga Anda.

Untuk mewujudkan rencana, Anda akan berpikir mau membeli barang seperti apa dan melakukan liburan seperti apa. Namun, Anda harus berhati-hati agar Anda tidak boros dalam keuangan.

Seperti dilansir dari laman lifehack.org, Jumat (1/1/2016), terdapat sejumlah tips jika Anda ingin pergi liburan dan hanya sekedar membeli hadiah untuk keluarga Anda:

1. Jangan Berhutang

Jika Anda ingin pergi berlibur atau membeli kado, tetapi uang Anda tidak cukup. Anda jangan pernah meminjam uang hanya untuk membeli hadiah atau sekadar jalan-jalan bersama keluarga Anda. Buatlah daftar yang pergi ke sebuah tempat yang mencukupkan dana tersebut untuk Anda.

2. Berhemat

Ada perbedaan antara murah dan hemat, jika Anda berhemat berarti Anda akan melakukan pekerjaan untuk menemukan harga termurah. Jika Anda menjadi murah berarti Anda bersedia mengorbankan kualitas untuk mendapatkan barang dengan kualitas rendah.

3. Jangan beli jika Anda bisa buat

Hadiah akan berkesan jika Anda membuatnya sendiri. Kenapa tidak, jika Anda memiliki suatu keahlian merajut, melukis atau keterampilan lainnya. Anda dapat mencoba membuat beberapa hasil keterampilan Anda untu diberikan kepada orang terkasih.

4. Jangan membayar jika barang tidak sesuai

Jika Anda membeli barang secara online dan jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang Anda pesan maka dapat menukarnya.

Jika ingin menukar barang, Anda tidak perlu memungut biaya pengiriman barang tersebut. Lalu jika Anda ingin pergi liburan, akan menyenangkan jika tidak memiliki beban anggaran. Sesuaikan budget Anda, agar mendapatkan momen yang tidak terlupakan bersama keluarga dan orang yang Anda cintai. (Apr/Ahm)

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 

** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.