Sukses

Ingin Beli Mobil? Lakukan 6 Pedoman Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sekarang ini, punya kendaraan bermotor seakan telah menjadi kebutuhan wajib sebagai pendukung aktivitas.  Padatnya waktu, tingginya mobilitas, serta belum maksimalnya akses transportasi publik, adalah beberapa pendorong yang menuntut kita untuk memiliki mobil sendiri.

Berbagai bank dan lembaga pembiayaan pun menangkap momentum tersebut. Banyak orang yang memiliki keterbatasan dana membeli mobil secara tunai. Karena itu, penawaran fasilitas kredit kendaraan bermotor (KKB) akhirnya menjadi solusi yang dibutuhkan.

Ternyata, agar lebih hemat dan menguntungkan ketika mengajukan kredit mobil, Anda perlu strategi khusus. Ada strategi yang bisa diketahui, dilansir dari CekAja.com, berikut tiga alasan Anda bisa kaya dengan mulai hidup sehat, Jumat (20/11/2015):

1. Beli yang sesuai kebutuhan

Anda mesti tahu, mobil apa yang Anda butuhkan saat ini? Apakah hanya digunakan untuk bolak-balik kantor saja, atau digunakan untuk keperluan keluarga? Caranya adalah dengan menentukan dahulu jenis dan spesifikasi mobil apa yang Anda inginkan.

Dengan memiliki jawaban dari pertanyaan tersebut sebelum ajukan kredit kendaraan bermotor (KKB), maka Anda akan mendapatkan mobil yang tepat. Tentunya Anda tidak mau hanya karena ingin gaya, maka mobil yang Anda beli malah mahal dan terjebak karena alasan gaya hidup. Sebab, saat ini tidak jarang seseorang yang memilih mobil bukan dari segi manfaat atau kebutuhannya, namun lebih karena sekedar gengsi.

2. Survei harga

Taruhlah Anda telah memutuskan jenis mobil yang diinginkan (dibutuhkan). Maka langkah penting selanjutnya adalah melakukan survei terhadap harga mobil tersebut. Tujuannya adalah Anda bisa memperoleh penawaran paling ideal dari jenis mobil yang Anda butuhkan.

Saran kami, mulailah melihat-lihat dan membandingkan harga. Bandingkan harga mobil secara online mungkin bisa menjadi langkah pertama. Setelah mengetahui harga, maka Anda bisa tahu besarnya uang muka dan cicilan yang nantinya akan dilakukan.

Selain harga, Anda pun mesti lakukan lakukan perbandingan kredit kendaraan yang sesuai dan memiliki banyak benefit. Sama seperti mengetahui harga, Anda bisa lebih mudah menggali informasi dan bandingkan terlebih dahulu perbandingan kredit ini secara online.

3. Hitung dan ketahui bunga yang harus dibayar

Kenapa hal ini penting? Sebab bunga bisa menentukan besar kecilnya cicilan. Sebab itu mengajukan permohonan kredit mobil lebih tepat dilakukan ketika bunga sedang turun atau ada promo bunga khusus yang ditawarkan oleh lembaga kredit.

Di sini pula kegunaan Anda melakukan perbandingan secara online bunga kredit mobil dari bank atau lembaga pembiayaan. Anda akan tahu bank atau lembaga penjamin yang memberi bunga menarik dan menguntungkan dan mengetahui angsuran yang perlu dilakukan sepanjang masa pinjaman. 

4. Yakinkan lembaga kredit yang mau dipilih

Misalnya Anda telah mengantongi harga pasti mobil, rata-rata bunga di bulan ini, dan cicilan yang ditawarkan dari berbagai lembaga kredit.  Biasanya, tiga hal yang dibandingkan tersebut memiliki perbedaan yang kecil dan relatif sama. Namun, langkah terbaik adalah mempertimbangkan lembaga penjamin yang tepat.

Pastikan lembaga penjamin yang Anda gunakan nantinya terpercaya dan memiliki reputasi baik sepanjang tahun. Selain bandingkan secara online, cobalah untuk mencari informasi tentang hal ini dengan bertanya opini dari teman, saudara, atau tetangga yang pernah melakukan kredit mobil. Tanyakan tentang lembaga penjamin terbaik pilihan mereka. Bisa juga membaca berbagai macam ulasan yang bisa dilakukan secara online.

5. Harus siap uang muka

Ketika sudah menemukan lembaga penjamin terpercaya, bandingkan fasilitas kredit mobil yang ditawarkan masing-masing lembaga. Tanyakan diskon yang bisa ditawarkan oleh mereka yang nantinya bisa memotong uang muka. Atau, bonus-bonus tambahan aksesoris yang biasanya ditawarkan. Dalam aturannya, uang muka yang mesti dibayarkan sebesar 30 persen harga mobil yang perlu Anda bayar.

6. Berikan asuransi

Saat ini, risiko berkendara tidak bisa ditebak. Semahir apapun Anda mengemudi, bisa saja risiko terjadi karena kesalahan dari luar diri Anda.

Karena itu jangan lupa lengkapi mobil yang dibeli dengan fasilitas asuransi mobil yang tepat. Jadi, bila di kemudian hari mobil Anda tersenggol kemudian lecet atau penyok, tertabrak, atau bahkan hilang. Nantinya, asuransi mobil akan mengganti risiko finansial yang Anda alami dari berbagai potensi itu. (Apr/Ahm)

Sumber: CekAja.com