Sukses

PLTS Terbesar di Jawa Resmi Beroperasi

PLTS Cirata akan menjadi tempat penelitian, sehingga PJB bisa menjadi fasilitator pengembangan PLTS di tempat lain.

Liputan6.com, Purwakarta - PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di Pulau Jawa dengan kapasitas 1 Mega Watt (MW) di Cirata Purwakarta, Jawa Barat.

Direktur Utama PT PJB Muljo Adjie mengatakan, meski PJB sudah banyak membangun dan mengoperasikan pembangkit, PJB ingin mengembangkan pembangkit dengan menggunakan energi terbarukan.

"Peresmian PLTS 1 MW di Jawa Bali, belum ada selama ini. Oleh karena itu kami bangun 1 MW ini," kata Muljo, di PLTS Cirata, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (15/10/2015).

PLTS Cirata, Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: Pebrianto Eko/Liputan6.com)

Investasi yang dikeluarkan oleh PJB untuk membangun PLTS yang ada di atas lahan seluas 1,5 hektare tersebut mencapai Rp 28 miliar. PLTS tersebut merupakan bentuk dukungan PJB terhadap penggunaan energi terbarukan dalam bauran energi sebesar 25 persen pada 2025.

"Kenapa kami concern di PLTS? Karena alternatif energi yang menjadi bagian dari kesiapan kami untuk berkontribusi dalam program pemerintah untuk bisa memenuhi 25 persen renubele energi termasuk PLTS di 2025 nanti," tuturnya.

Selain menjadi sumber energi, PLTS tersebut juga menjadi tempat penelitian, sehingga PJB bisa menjadi fasilitator pengembangan PLTS di tempat lain.

"PLTS ini tempat penelitian, jika nanti PLN ingin membangun di pulau tertentu cukup menugaskan PJB, teknologi terbaru ini efisiensikan cocok untuk wilayah tertentu," pungkasnya. (Pew/Gdn)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini