Sukses

4 BUMN Segera Dapat Kucuran Dana PMN

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan dana penyertaan modal negara (PMN) untuk empat BUMN dapat cair dalam waktu dua minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan empat perusahaan BUMN segera menyairkan dana penyertaan modal negara (PMN) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBN-P) 2015 dalam waktu dekat.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, empat perusahaan BUMN itu yakni PT Perum Bulog, PT Aneka Tambang Tbk, PT Perusahaan Pengelola Aset, PT PAL Indonesia.

"Sedangkan dalam proses pencairan saat sekarang sudah di Kementerian Keuangan. Kita harapkan dapat cair dalam 2 minggu adalah untuk Bulog, PPA, Antam, PAL total Rp 9 triliun," kata dia, saat rapat dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Dia mengatakan, beberapa perusahaan BUMN yang telah menyairkan PMN antara lain PT Hutama Karya, PT Waskita Karya, dan PT Adhi Karya. Dari perusahaan BUMN tersebut telah terserap sebanyak  Rp 17,5 triliun."Sehingga sisanya Rp 17,5 triliun ditambah Rp 9 triliun  totalnya Rp 26,5 triliun," ujar Rini.

Rini mengatakan, untuk sisanya diharapkan dapat cair pada akhir tahun. Saat ini, lanjut dia menunggu jadwal pencairan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Sisanya Peraturan Pemerintah (PP)nya sudah di Kemenkeu. Sudah kirimkan dari Kementerian BUMN ke Kemenkeu. Sudah diharmonisasi KumHAM, menunggu jadwal yang diberikan Kemenkeu sehubungan pencairan. Yang dijanjikan Kemenkeu sebelum akhir tahun semua cair," kata dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.