Sukses

BI Ingin Semua Bank Punya Kantor Terapung

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo berharap, bank-bank lain mengikuti langkah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang meluncurkan unit kerja di atas kapal atau Teras BRI Kapal. Layanan tersebut untuk menjangkau masyarakat di pulau-pulau terpencil supaya akrab dengan layanan perbankan.

"Kami harapkan bank-bank lain juga melakukan aktivitas seperti ini dengan TI dan infrastruktur bisa menjangkau 17 ribu pulau yang dimiliki Indonesia," kata dia di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Agus juga mengapresiasi langkah yang dilakukan BRI. Pasalnya, selama ini banyak masyarakat terpencil jauh dari akses perbankan.

"Saya pikir ini contoh sangat baik, dimana yang tadi dua pertiga ada di wilayah laut itu bisa dijangkau Teras Kapal ini. Ini memungkinan transaksi di pulau terpencil dan hadir secara terjadwal. Masyarakat yang tak kenal fasilitas akses bank sekarang bisa akses bank," terangnya.

BRI tidak hanya menjangkau wilayah di pulau-pulau. Namun juga menyiapkan infrastuktur yang memadai. Dia menambahkan, layanan Teras BRI Kapal sejalan dengan imbauan BI.

"Itu sejalan imbauan BI apabila memberikan layanan terluar dan terpencil dilakukan dengan pelayanan terbaik harus efisien, aman dan berkesinambungan," tambahnya.

Tak sebatas untuk menjangkau masyarakat dipulau dengan akses perbankan. Agus mengungkapkan, terobosan yang dilakukan juga membantu pemerintah dalam memberikan bantuan.

"Untuk pelayanan itu, banyak menggunakan bank untuk transaksi ada bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang perlu disalurkan masyarakat. Itu bisa disalurkan Teras Kapal," tandas dia.

untuk diketahui, BRI meluncurkan unit kerja operasional di atas kapal atau dikenal dengan Teras BRI Kapal di Pelabuhan Kaliadem, Muara Karang, Jakarta Utara  pada Selasa (4/8/2015). Unit kerja ini diluncurkan untuk melayani daerah terpencil khususnya di wilayah pesisir kepulauan. Selain itu, Teras BRI juga diluncurkan untuk memperkenalkan masyarakat di daerah terpencil dengan produk perbankan.

"Peluncuran Teras BRI Kapal merupakan upaya BRI untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami di daerah terpencil," kata Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Dalam debut perdana ini wilayah Kepulauan Seribu menjadi lokasi beroperasi. Teras BRI Kapal beroperasi di kapal Bahtera Seva I dan akan berkeliling melayani 6 pulau. Adapun 6 pulau itu di antaranya Pulau Pramuka, Tidung, Kepala, Untung Jawa, Harapan, dan Panggang. Teras Kapal BRI akan beroperasi pada hari Senin sampai Jumat dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Tak berbeda dengan kantor layanan pada umumnya, fasilitas pada Teras BRI akan melayani produk simpanan dan pinjaman hingga pembayaran. Tersedia pula Agen BRILink yang merupakan perpanjangan dari layanan BBRI. Di dalam kapal tersebut juga terdapat ATM yang berfungsi selama 24 jam secara online.

Ke depan, perseroan juga berencana memperbanyak layanan. Saat ini, BRI sedang menjajaki beberapa wilayah di antaranya gugusan pulau di Ternate, Bau-bau dan Tanjung Selor.

"Dengan kehadiran Teras BRI Kapal diharapkan masyarakat akan jauh lebih mudah, aman, dan cepat dalam memperoleh layanan keuangan dan perbankan yang dibutuhkan," tandas dia. (Yas/Gdn)