Sukses

Resmikan Bank Kapal Pertama, Jokowi Minta Perbankan Tiru BRI

Bank kapal yang dinamakan Teras BRI Kapal ini memiliki ukuran panjang 23 meter dan lebar 6 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya bank kapal milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang juga merupakan bank kapal pertama di Indonesia.

Dalam sambutannya,‎ Jokowi mengungkapkan apa yang dilakukan BRI adalah inovasi yang patut diberi apresiasi dan wajib ditiru oleh perbankan lainnya.

"Saya akan terus mendorong agar perbankan lain juga dapat melakukan inovasi layanan ke daerah yang belum tersentuh layanan perbankan terutama di wilayah pulau terluar dan di daerah perbatasan," kata Jokowi di Pelabuhan Kali Adem, Pluit, Jakarta Utara, Selasa (4/8/2015).

Dikatakan Jokowi, dengan ‎membantu meningkatkan literasi keuangan di wilayah-wilayah Indonesia yang sulit diakses tersebut akan membantu pemerintah dalam membangun ekonomi dan kualitas sumber daya manusia.

Selain wilayah-wilayah kepulauan, Jokowi juga mendorong perbankan untuk memfasilitasi masyarakat di wilayah-wilayah perbatasan Indonesia yang diakuinya masih minim informasi mengenai literasi keuangan.

BRI meluncurkan unit kerja operasional di atas kapal atau dikenal dengan Teras BRI Kapal (Foto: Achmad Dwi/Liputan6.com)

"Masyarakat mudah untuk menabung, melakukan pinjaman ke perbankan, sehingga perputaran uang di derah betul-betul terasan dan kita lihat nantinya dalam arus uang di perbankan kita," tegas mantan Gubernur DKI itu.

Bank kapal yang dinamakan Teras BRI Kapal ini memiliki ukuran panjang 23 meter dan lebar 6 meter. Kapal ini mampu berlayar dengan kecepatan 13 knot dan mampu menampung 11 penumpang dengan rincian 4 petugas BRI dan 5 awak kapal.

Teras BRI Kapal pertama ini akan beroperasi di beberapa kepulauan di Pulau Seribu yang diantaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, dan Pulau Tidung‎. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.