Sukses

Pelajaran Bisnis dari Katy Perry, Lady Gaga, Madonna dan Rihanna

Anda perlu membuat merek perusahaan menjadi produk yang selalu diingat dan direkomendasi konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai entrepreneur, Anda harus berpikir sejuta cara agar produk penjualan selalu lebih unggul dari yang lainnya. Apa yang membuat merek unik? Apakah karena perusahaan, pelayanan, jargon, atau produknya?.

Menurut sebuah survey North37design.com beberapa waktu lalu, lebih dari setengah responden yang berjumlah seribu orang di Amerika Serikat menyukai selebriti yang berganti penampilan untuk mengejutkan penggemarnya.

Survey itu juga menyebut kalau artis yang memiliki gaya unik memperoleh perhatian lebih banyak dari para penonton. Jajaran selebriti yang masuk dalam kategori unik ini adalah Katy Perry, Lady Gaga, Madonna, dan Rihanna.

Pelajaran yang bisa dipetik dari survey ini adalah Anda perlu membuat merek perusahaan menjadi produk yang selalu diingat dan direkomendasi konsumen.

Berikut empat pelajaran yang bisa diambil dari artis-artis tersebut untuk membentuk citra positif pada produk Anda, seperti dikutip dari Entrepreneur.com, Senin (3/8/2015):

1. Katy Perry

Ia berhasil membuat citra atau imej yang mampu menjangkau pasar yang luas. Dalam beberapa hal, ia memang tampak seperti artis pop pada umumnya. Perry bisa menyanyi, cantik, memiliki kepribadian unik, dan punya bisnis.

Yang membuat ia berbeda dari yang lain adalah fansnya datang dari berbagai ras, budaya, dan gender. Pendengarnya tidak hanya anak remaja tapi juga orang tua. Perusahaan minuman yang berhasil melakukan hal serupa seperti Perry dalam dunia bisnis adalah Coca-Cola.

2. Lady Gaga

Dia bisa menampilkan dirinya dalam sebutir telur. Lalu, dalam lain kesempatan ia memakai baju dari daging mentah. Lady Gaga selalu terlihat unik dan konsisten dengan gayanya. Hal ini ternyata strategi yang sangat baik karena para pendengarnya menyukai penyanyi berusia 29 tahun itu.

Anda bisa melakukan strategi yang sama pada bisnis. Pada saat menentukan merek produk, tentukan siapa target pasarnya, pelayanan apa yang diberikan, dan bagaimana mengaplikasikan pesan dari merek tersebut. Cobalah untuk bersikap konsisten dengan semuanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Artis Lainnya


3. Madonna

Usianya sudah lewat setengah abad, namun Madonna berhasil terus berinovasi dengan citranya. Ia konsisten dalam mengubah penampilan dan suaranya. Madonna merupakan tokoh panutan bagi Lady Gaga dan banyak artis pop sukses sekarang.

Ketika Anda ingin mengubah citra produk perusahaan, jangan setengah hati. Perubahan bisa saja sesuatu yang sederhana, seperti meremajakan template di situs atau jargon produk.

4. Rihanna

Selebriti juga manusia. Mereka membuat kesalahan dan mengalami penghinaan. Perbedaan mereka dengan orang biasa adalah selebriti berada di bawah pengawasan intensif jutaan mata orang asing.

Rihanna pernah mengalami kekerasan fisik dengan pacarnya kala itu, Chris Brown. Pada 2009, keduanya masuk berita utama banyak media asing karena Brown memukul hingga babak belur Rihanna.

Penyanyi 27 tahun itu menjadi subyek pembicaraan publik tanpa henti tentang haruskan ia meninggalkan Brown atau tidak. Tapi ia ternyata mampu bangkit dan sukses hingga sekarang.

Dalam bisnis, sebuah merek pun harus berurusan dengan pengalaman memalukan. Sebagai pengusaha, Anda harus memastikan langkah itu tidak terjadi lagi. Tunjukkan Anda mampu bangkit, mengakui kesalahan, dan bisa memperbaikinya untuk menjadi lebih baik.(Nrm)

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini