Sukses

JK Resmikan Pengembangan Bandara Syamsuddin Noor

Investasi pengembangan bandara Syamsuddin Noor, Banjar Baru, Kalimantan Selatan sekitar Rp 2,3 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (AP I) melakukan  pengembangan Bandara Syamsuddin Noor, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Hal itu ditandai dengan pemancangan batu tiang pertama atau groundbreaking yang dilakukan pada Senin (18/5/2015).

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, acara ini langsung diresmikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK). Rencananya, JK bakal sampai di lokasi pada pukul 15.00 WITA. JK juga akan ditemani Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Sebelumnya, JK meminta agar pengembangan  Bandara Syamsuddin Noor dilakukan pada pertengahan April. Hal itu setelah menempuh pembahasan dengan jajaran terkait yakni Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Kepala Staf Angkatan Laut Laksama Madya TNI Ade Supendi, dan Direktur Angkasa Pura I Tommy Soetomo.

"Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla memutuskan untuk segera bandara di Banjar Baru Syamsuddin Noor mulai dibangun, kalau bisa di pertengahan April. Groundbreaking di pertengahan April," kata Jonan pada Maret 2015.

Sementara itu, Direktur Utama AP I Tommy Soetomo menuturkan investasi dari pelebaran di Bandara Syamsuddin Noor ini akan memakan dana besar. Jika selesai, bandara ini bisa menampung 12 juta penumpang.

"Investasi kita sekitar Rp 2,3 triliun. Bandara ini terminalnya akan meliputi sekitar 110 ribu meter persegi untuk bisa menampung sampai 12 juta penumpang per tahun," terang Tommy.

AP I sebelumnya menemukan kendala pembebasan lahan dalam pengembangan Bandara Syamsuddin Noor. Lantaran, sekitar 13 hektar (ha) lahan yang belum dibebaskan adalah lahan milik pemerintah daerah setempat dan 3 ha lainnya dimiliki oleh TNI AU. Sementara sisa 31 hektare (ha) adalah lahan milik warga yang tengah dalam proses ganti rugi melalui pengadilan negeri. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini