Sukses

Hadapi Lebaran, Garuda Indonesia Siapkan Armada

Untuk menambah kapasitas penumpang, Garuda Indonesia berencana untuk mengoperasikan pesawat dengan ukuran yang lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk sedang menyiapkan berbagai infrastruktur untuk menghadapi lonjakan penumpang saat libur panjang Lebaran yang akan berlangsung pada pertengahan Juli 2015 nanti. Biasanya, setiap musim libur Lebaran, jumlah penumpang maskapai penerbangan pelat merah tersebut melonjak 15 persen hingga 20 persen dibanding hari biasa.

Vice Corporate Communication Garuda Indonesia, Pujobroto mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menghadapi lonjakan penumpang, Garuda bakal melakukan penambahan kapasitas penumpang.

"Kalau kemarin secara umum penambahan yang kami lakukan di periode H-7 dan H+7. Peningkatan dalam periode tersebut kalau dibanding normal mencapai 15 persen hingga 20 persen," katanya kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Pujobroto melanjutkan, perseroan menjalankan dua strategi untuk mengantisipasi penambahan kapasitas penumpang. Pertama dengan menambah frekuensi jumlah penerbangan. Namun, pihak Garuda Indonesia belum bisa membeberkan penambahan frekuensi tersebut lantaran sedang dalam kajian. "Sekarang sedang kami siapkan," ujar dia.

Mekanisme lain untuk menambah kapasitas penumpang adalah dengan mengoperasikan pesawat dengan ukuran yang lebih besar. Namun memang, pengoperasian pesawat yang lebih besar ini juga harus melihat kemampuan dari landasan pacu. Beberapa bandara di Indonesia belum bisa mengakomodasi pesawat-pesawat berbadan besar.

Menurut Pujobroto, beberapa daerah yang menjadi destinasi penumpang antara lain Surakarta (Solo), Semarang, Yogyakarta, Padang dan Denpasar. Selain destinasi dalam negeri, lonjakan penumpang juga terjadi untuk tujuan luar negeri diantaranya Singapura dan Hongkong.

Pujobroto memperkirakan, lonjakan penumpang tersebut bukan hanya karena banyak masyarakaty yang ingin merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman, namun juga ada beberapa masyarakat untuk ingin berlibur karena pada Lebaran biasanya libur cukup panjang.

"Banyak juga yang tidak merayakan Lebaran tapi karena liburan panjang maka mereka juga bepergian," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini