Sukses

Walau Ada Perbedaan Gaji, Jumlah Miliarder Wanita Meningkat

Mengapa sampai sekarang wanita masih menghasilkan lebih sedikit dibanding pria?

Liputan6.com, Jakarta - Di Inggris, jumlah wanita yang memiliki penghasilan lebih dari 1 juta poundsterling per tahun meningkat. Pertumbuhannya mencapai tiga kali lebih banyak daripada pertumbuhan miliarder pria.

900 orang wanita mengakui mereka menghasilkan lebih dari 1 miliar pada 31 April 2012. Jumlah ini meningkat 29 persen dari tahun sebelumnya.

Walaupun pertumbuhan ini meningkat, miliarder pria masih berjumlah lima kali lebih banyak dari wanita. Dilansir dari laman telegraph.co.uk, Minggu (22/2/2015), hari ini terhitung ada 10.200 pria masuk kategori miliarder.

Sementara, walaupun jumlah pembayar pajak wanita juga mengalami pertumbuhan lebih cepat daripada pria, kaum pria juga masih berjumlah lebih banyak di bagian ini.

Gary Robins, Direktur Radius Equity, menjelaskan hasil penghitungan itu melibatkan semua wanita pekerja di Inggris, bukan hanya kaum elit.

Ia menambahkan, "walaupun begitu, masih panjang jalan menuju berakhirnya perbedaan kekayaan yang signifikan antar gender".

Pada 2013, sebuah laporan yang dikumpulkan oleh perusahaan konsultan WealthInsight menemukan hanya 11,4 persen miliarder di Inggris adalah wanita, sementara di 14 negara lain jumlahnya lebih besar.

Rasio ini lebih buruk daripada nilai rata-rata kekayaan semua orang terkaya di dunia. Hanya 12,8 persen miliarder di dunia merupakan wanita, menurut sensus yang dilakukan oleh Wealth-X dan UBS Billionaire Census.

Untuk gaji,  dilaporkan perbedaan jumlah gaji berdasarkan gender menurun tahun 2014 lalu. Walau pekerja kantoran wanita secara rata-rata menghasilkan 9,4 persen lebih sedikit dari prianya. (Indy/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini