Sukses

Pelemahan Rupiah Untungkan Pengusaha UMKM

Pelemahan rupiah diprediksi tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, pelemahan ini tidak akan jadi patokan perkembangan UMKM ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menuturkan, pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dinilai menguntungkan bagi pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terutama mereka yang berbasis ekspor.

"Ekspor kena pengaruh, kalau dollar naik terus untung dia," kata dia, Jakarta, Senin (15/12/2014).

Puspayoga menceritakan, seperti halnya saat dia berkunjung ke Jawa Timur. Pihaknya mengatakan industri mebel di wilayah tersebut diuntungkan dengan kondisi pelemahan rupiah tersebut.

"Ekspornya bagus, mereka mengirim ke Australia, Eropa. Jadi tidak ada masalah, permintaan bertambah," ujarnya.

Namun begitu, pelemahan rupiah ini diprediksi tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, pelemahan ini tidak akan jadi patokan perkembangan UMKM ke depannya.

"Situasi ini kan fluktuatif kami tidak bisa beri patokan," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, nilai tukar rupiah terus anjlok ke level terendah dalam 11 minggu terakhir. Bahkan, rupiah sempat menyentuh angka Rp 12.600 terhadap dollar AS atau jatuh ke angka paling rendah sejak November 2008. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.