Sukses

4 Tips Bangun Tim Kerja yang Solid

Liputan6.com, Jakarta- Membangun sebuah bisnis tidak bisa sendirian, seberapapun cemerlangnya ide Anda. Perlu orang lain untuk bekerjasama, membangun strategi, memikirkan efek samping atas apa yang dilakukan, atau hanya sekadar saling berbagi cerita.

Biasanya, Anda membangun bisnis bersama teman yang telah dikenal dan dipercayai. Pada titik ini, membangun bisnis bersama mereka lebih mudah. Tetapi, seiring dengan berkembangnya perusahaan dan ada orang-orang baru yang melamar kerja di tempat tersebut, maka biasanya pemilik bisnis mulai kerepotan.

Untuk itu, perlu diketahui bagaimana tips untuk memperdayakan tim. Hal ini penting sebab, dalam membangun bisnis tidak bisa bertumpu pada satu orang saja, melainkan menjadi beban semua orang.

Berikut 4 tips membangun tim dari Dan Adika, CEO dan pendiri WalkMe sebagaimana yang dikutip dari Fox Business, Selasa (9/12/2014).

1. Hormati tiap individu

Setiap orang dalam tim memiliki kemampuan dan pengalaman yang berbeda. Jangan lihat hal tersebut sebagai tantangan, tetapi lihatlah sebagai kesempatan untuk menggunakan semua keahlian dan pengalaman untuk memajukan bisnis Anda. Semua hal ini akan dapat dilakukan kalau Anda menghormati tiap individu yang ada di dalam bisnis.

2. Terbuka untuk ide baru

Pertahankan "kebijakan pintu terbuka" pada perusahaan Anda, sebab, beberapa ide terbaik seringkali berasal dari sumber yang tidak diduga. Biarkan tim Anda tahu bahwa Anda selalu terbuka untuk ide-ide baru dan katakan pada mereka untuk jangan takut memberikan saran.

3. Berikan contoh

Berikan apapun motivasi yang Anda bayangkan untuk para pekerja. Tetapi, ingatlah bahwa ucapan saja bukanlah contoh yang baik. Berikan juga contoh dengan tindakan konkret, maka pekerja Anda akan lebih hormat sekaligus termotivasi untuk memajukan perusahaan.

4. Berdayakan tim

Terakhir, yang paling penting adalah bagaimana Anda memperdayakan pekerja Anda. Maksudnya, Anda perlu membuat tim mampu untuk mengambil keputusan tanpa Anda. Sebab, bagaimanapun Anda tidak akan ada selamanya untuk tim. Beri mereka pelatihan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk hal tersebut.

Itulah 4 tips dari Dan Adika. Dengan mengikuti 4 langkah ini, tim Anda dimungkinkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan Anda sebagai pemimpin perusahaan dapat fokus pada pertumbuhan bisnis dimasa depan.

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online