Sukses

Pelajari e-Blusukan, Yuddy Chrisnandi Bertandang ke Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi menyambangi Walikota Bandung, Ridwan Kamil pada Sabtu, (8/11/0214) kemarin. kedatangan Yuddy untuk berdiskusi tentang best practices pelayanan publik yang telah dikembangkan oleh Kota Bandung.

Pada kesempatan tersebut, Ridwan Kamil yang didampingi sesepuh Jawa Barat Profesor  Didi Turmuji dan Memet Hamdan, melaporkan berbagai terobosan pelayanan publik berbasis IT dan media sosial dalam kerangka kebijakan Bandung Smart City.

Layanan tersebut mulai dari tingkat kota, kecamatan bahkan sampai kelurahan. "Digitalisasi pelayanan publik merupakan sebuah keniscayaan di era globalisasi" jelas Ridwan seperti ditulis dalam keterangan tertulis, Minggu (9/11/2014).

Untuk memacu komunikasi antara pejabat publik dengan warganya, Ridwan mewajibkan semua pimpinan SKPD, Camat maupun Lurah memiliki akun twitter. Pola blusukan di Kota Bandung bukan hanya dilakukan secara manual melalui kunjungan lapangan tetapi juga secara digital  melalui e-blusukan yang praktiknya menggunakan pengelolaan media sosial.

Yuddy pun menyambut baik dan mendorong kreativitas Walikota Bandung beserta jajarannya tersebut. "Era birokrat priyayi sudah usai, kini waktunya birokrat menjadi pelayan rakyat. Karena itu birokrat juga harus melek teknologi," tuturnya.

Keberhasilan Pemerintah Bandung dalam menerapkan digitalisasi layanan publik tersebut pun akan dijadikan oleh Yuddy sebagai contoh bagi daerah lain. Dalam waktu dekat, Yuddy akan mengundang Walikota Bandung ke Jakarta untuk sharing knowledge dengan para Deputi dan Staf Ahli di lingkungan Kementerian PANRB. Ndw/Gdn)

Loading