Sukses

Jokowi Diminta Selektif Memilih Pejabat Sektor Energi

Presiden terpilih Joko Widodo selektif memilih pejabat di sektor energi. Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki sektor energi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Yayasan Pusat Studi Kebangsaan (Sandi Bangsa) Surya Fermana, meminta Presiden terpilih Joko Widodo selektif memilih pejabat di sektor energi. Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki sektor energi.

Dia mengatakan, persoalan ketersedian energi adalah tanggung jawab negara untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya. Dalam hal ini, pemerintah sebagai pemegang kekuasaan eksekutif menjadi ujung tombak pelaksananya.

"Pemerintah yang gagal dalam mengamankan ketersediaan energi, sama saja sebagai pemerintah yang gagal," kata Surya, di Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Surya menambahkan, Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber energi, seharusnya tidak perlu dibayangi ketakutan akan kekurangan energi. Sebab, potensi sumber energi yang dimiliki Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi bagi rakyatnya sudah tersedia.

"Namun, akibat banyaknya ulah pejabat-pejabat yang nakal, dan bermain mata dengan pihak-pihak yang mencari keuntungan semata, akhirnya Indonesia terancam krisis energi," tutur Surya.

Untuk itu, Surya mengimbau kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi-JK, untuk selektif dalam menentukan siapa sosok yang akan ditunjuk sebagai menteri untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan ke depan, agar berjalan sesuai dengan visi-misi Jokowi-JK dalam kampanyenya.

"Terutama, menteri di bidang Energi. Seperti menteri ESDM, Menteri BUMN, ataupun Dirut Pertamina dan Kepala SKK Migas," papar Surya.

Sebab, para pejabat tersebutlah yang akan berperan dalam persoalan bidang energi. Jika salah memilih, maka krisis energi yang akan dihadapi

"Saya harap, orang-orang yang akan menduduki posisi-posisi strategis di bidang energi ini, harus merupakan orang yang profesional, memiliki kemampuan, memiliki track record yang bersih, dan tentunya sejalan dengan visi-misi Jokowi-JK," pungkas Surya. (Pew/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini