Sukses

Harga Cabai Rawit Merah Anjlok, Pedagang Tak Lagi Mengoplos

Harga cabai rawit merah di pasar sempat melambung hingga Rp 90 ribu per kg dalam beberapa pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai rawit merah di pasar sempat melambung hingga Rp 90 ribu per kg dalam beberapa pekan lalu.

Dengan kenaikan tersebut, para pedagang pun mencari akal untuk menurunkan harga, salah satunya dengan mengoplos cabai merah rawit  dengan cabai putih rawit.

Kini, seiring penurunan harga cabai merah rawit, para pedagang pasar tradisional menghilangkan kebiasaan mereka tersebut.

Nurhayati (45) Pedagang Pasar Kebayoran Lama menuturkan, kini pihaknya tak  lagi mengoplos cabai merah rawit dengan cabai putih rawit. Alasannya, penurunan harga membuat pembelian cabai turut membaik.

"Ya iyalah udah baik. Yang biasa beli 2 kg ya udah balik beli 2 kg. Nggak kayak kemarin," jelas dia di Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Saat ini, cabai merah rawit dijual seharga Rp 25 ribu per kg. Di mana, harga awal yang diperoleh pedagang dari Pasar Induk Keramat Jati seharga Rp 16 ribu per kg.

Hal senada juga dikatakan Supriyatun (31). Penurunan harga membuat pembelian kembali membaik.

Saat cabai merah rawit mahal, kata dia konsumen hanya mampu membeli di kisaran 1 ons sampai 1/2 kg. 

"Kalau mahal ada yang dioplos, kalau nggak nanti nggak dapat  untung. Paling perbandingan 1 kg rawit merah 1/4 putih. Sekarang udah baik, yang beli udah 1 sampai 1,5 kg," terang dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.