Sukses

Permintaan Tinggi, Harga Ikan Lele Naik di Bogor

Harga ikan lele naik sekitar Rp 8.000 per kilo gram (kg) menjadi Rp 26 ribu per kg di Bogor, Jawa Barat seiring pasokan terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Harga ikan lele di Bogor, Jawa Barat merangkak naik dari Rp 18 ribu per kilo gram (kg) menjadi Rp 26 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini dipicu permintaan lele cukup tinggi yang membuat pasokan ikan lele menjadi sedikit dan akhirnya langka di pasar.

Yudhi, pedagang ikan di Pasar Kebon Kembang, Bogor, mengatakan, kenaikan harga ini terjadi sudah beberapa hari terakhir. "Pasokan lele sudah hampir seminggu ini sedikit. Meskipun begitu, saya tetap bisa menjual lele sekitar 100 kilogram per hari," ujar Yudhi, Senin (28/4/14).

Yudhi mengatakan, harga  ikan  seperti ikan mas, mujair,  tongkol, bonggol dan cucut, rata-rata harganya masih normal, dan tidak ada kenaikan harga.

"Harga ikan basah seperti ikan laut karang Rp34 ribu/kg,  ikan kuek bulat Rp40 ribu/kg, dan ikan balanak Rp39 ribu/kg," tutur Yudhi.

Hal serupa juga dialami pedagang ikan lainnya yakni Awang. Dirinya yang biasa berdagang ikan di Pasar Tradisional Jambu Dua, Bogor mengeluh sepi pembeli akibat harga lele yang melambung.

Dalam satu hari Awang biasanya bisa menjual hingga 1 kuintal ikan lele, namun semenjak pasokan lele langka dan harganya naik, dalam satu hari dirinya hanya bisa menjual 40 kg saja.

Awang berharap harga ikan lele bisa normal kembali sehingga pedagang dapat untung lagi. "Kami pedagang yang dirugikan karena jika harga mahal, tidak ada yang mau beli dan Pemerintah tolong segera bertindak," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.