Sukses

Naik 2 Kali Lipat, Cabai Rawit Merah Dijual Rp 70 Ribu per Kg

Harga cabai rawit merah naik dua kali lipat hingga Rp 70 ribu per kilogram (kg)

Liputan6.com, Jakarta Harga cabai di pasar tradisional Jakarta terus mengalami kenaikan. Kenaikan paling besar terjadi pada harga cabai rawit merah yang naik hingga dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Seperti diungkapkan oleh Sri Lestari (48) salah satu penjual sayuran di PD Pasar Jaya Pasar Mampang, Jakarta Selatan. "Harga cabai pada naik, yang paling tinggi itu cabai rawit merah. Tadinya hanyaRp 30 ribu-35 ribu per kg, sekarang sudah Rp 70 ribu per kg," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Sri mengatakan, kenaikan ini terjadi sejak dua minggu lalu, namun lonjakan harga yang paling terasa cukup besar berlangsung sejak lima hari lalu. Dia menjelaskan, kenaikan ini karena harga di Pasar Induk Kramat Jati mengalami kenaikan.

"Di (Pasar) Induk-nya naik, makanya pedagang ya ikut naik. Kayanya pasokannya kesana kurang, mungkin masih kena dampak kelud, soalnya kan kalau cabai ini kebanyakan dari Jawa Timur," jelasnya.

Selain cabai rawit merah, harga cabai merah keriting dan harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan lebih dari Rp 10 ribu per kg. Namun untuk harga cabai merah besar justru mengalami penurunan.

"Yang lain juga ikut naik, tapi yang cabai besar ini malah turun, tadinya Rp 30 ribu per kg sekarang jadi Rp 20 ribu per kg," katanya.

Berikut harga cabai di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Cabai rawit merah naik dari Rp 35 ribu per kg menjadi Rp 70 ribu per kg
- Cabai merah keriting naik dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 32 ribu per kg
- Cabai rawit hijau naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 32 ribu per kg
- Cabai merah besar turun dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 20 ribu per kg

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini