Sukses

Asian Para Games: Lewati Target, Pelatih Bulu Tangkis Indonesia Tak Terkejut

Liputan6.com, Jakarta - Target empat medali emas bulu tangkis Indonesia di Asian Para Games 2018 mampu dilampaui. Atlet pebulu tangkis Indonesia bisa mengumpulkan enam medali emas.

Status juara umum pada cabor bulu tangkis Asian Para Games 2018 memang tak disandang Indonesia. Namun, pencapaian mereka dalam multiajang empat tahunan khusus penyandang disabilitas itu tetap layak diacungi jempol.

Sebelum Asian Para Games 2018 bergulir, National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menargetkan empat medali emas. Faktanya, di lapangan para atlet Indonesia mampu merebut enam medali emas, lima perak, dan empat perunggu.

Bahkan, di beberapa nomor sempat terjadi duel sesama Indonesia. Terkait hal itu, Pelatih Kepala Bulu Tangkis NPC Indonesia, Muhammad Nurachman mengaku tak begitu terkejut. Ia sudah menduga bisa terjadi kejutan, tergantung pada apa yang terjadi di lapangan.

"Sebenarnya dari awal memang sudah ada gambaran. Tapi seiring berjalannya dengan latihan yang kami jalankan ada perubahan. Mana yang lebih siap di lapangan, itu yang bisa mendapat medali," ujar Nurachman saat dijumpai di Istora Senayan, Jakarta.

2 dari 2 halaman

Arah Positif

Rincian enam medali emas yang didapat Indonesia di bulu tangkis Asian Para Games 2018 adalah dari sektor tunggal putra SU5, ganda putra SL3-SL4 Dwiyoko/Fredy Setiawan, ganda putra SU5 Dheva Anrimusthi/Hafizh Briliansyah, ganda putri SL3-SU5 Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah, ganda campuran SL3-SU5 Hary Susanti/Leani, dan beregu putra.

"Targetnya juga tidak terlalu meleset karena yang perak jadi emas atau perunggu jadi emas. Itu lebih ke arah yang positif. Yang namanya permainan, kita tidak bisa menebak. Sekarang main bagus, besok belum tentu menang," kata pria yang juga menjabat sebagai Manajer Kompetisi Asian Para Games 2018 itu.

Dalam daftar lumbung medali Indonesia, bulu tangkis menempati urutan ketiga. Raihan mereka masih kalah dari catur yang secara mengejutkan menyumbang 11 emas. Begitu juga dengan atlet yang meraih enam emas, 12 perak, dan 10 perunggu.

 

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

Artikel Selanjutnya
Catur dan Bulu Tangkis, Ladang Emas Indonesia di Asian Para Games
Artikel Selanjutnya
18 Rekor Dunia Pecah di Asian Para Games 2018, Ada Atlet Indonesia?