Sukses

Boyong 11 Emas, Catur Indonesia Juara Umum Asian Para Games

Liputan6.com, Jakarta Tim catur Indonesia sukses merajai Asian Para Games 2018. Dengan tambahan lima medali emas dari kategori catur cepat, Jumat (12/10/2018), Indonesia jadi juara umum di Asian Para Games cabor catur.

Pecatur andalan tuan rumah Edy Suryanto merebut medali emas kategori VI-B1 (netra) perorangan putra. Prestasi sama dipetik rekannya di kelompok putri Tati Karhati.

Tati mengaku puas dan senang dapat menyumbang emas bagi kontingen Merah Putih. "Senang dan lega dapat menyumbang emas. Sekarang rasanya plong. Kerja keras dan latihan berat selama menjalani persiapan terbayar sudah," kata Tati seperti rilis yang diterima media.

Medali emas lainnya dipersembahkan dari kategori VI-B1 beregu putra dan putri serta VI-B2/B3 beregu putra. Secara keseluruhan catur memborong 11 medali emas guna keluar menjadi juara umum cabang catur pada Asian Para Games III/2018.

Tak hanya itu, tim catur tuan rumah juga meraih dua perak dan tiga perunggu. Dua medali perak diraih dari kategori VI-B2/B3 (low vision) perorangan putra atas nama Gayuh Satrio dan kategori PI (daksa) beregu putra. Sedangkan tiga perunggu diraih Carsidi di kategori VI-B1 perorangan putra, kategori VI-B2/B3 beregu putri dan kategori PI beregu putri.

Peringkat kedua cabang catur direbut Filipina dengan lima emas. Peringkat ketiga diraih Iran dengan mengoleksi empat emas di Asian Para Games 2018.

 

2 dari 2 halaman

Bangga

Manajer timnas catur Indonesia Heri Isranto mengaku bangga dan salut atas capaian merebut 11 emas dan keluar sebagai juara umum di catur Asian Para Games III/2018.

"Ini capaian yang diluar dugaan. Kami semula mentargetkan empat medali emas, namun pecatur kita bermain membanggakan dengan berhasl meraih 11 emas. Saya memberikan apresiasi atas capaian ini," kata Heri.

Loading
Artikel Selanjutnya
Live Streaming Penutupan Asian Para Games 2018 di Vidio.com
Artikel Selanjutnya
Asian Para Games 2018 Berakhir, Surya Sahetapy Kenang Ajari Jokowi Bahasa Isyarat