Sukses

Syafruddin Optimistis Indonesia Tambah 3 Medali Emas di Asian Games 2018

Cabang bridge dan perahu naga diharapkan menyumbang medali emas di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Kontingen (Chef de Mission/CdM) Indonesia dalam Asian Games 2018 Komjen Pol Syafruddin optimistis kontingen tuan rumah masih mampu menambah dua sampai tiga medali emas hingga hari terakhir pertandingan pada Sabtu (1/9/2018).

"Kami berharap masih dapat menambah dua hingga tiga medali emas pada cabang bridge, perahu naga, dan kami mengharapkan kejutan datang olahraga seperti polo air," kata Syafruddin dalam jumpa pers di Pusat Layanan Media (MPC) Asian Games, JCC Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (29/8/2018), seperti dikutip dari Antara.

"Cabang tenis yang sebelumnya tidak diperhitungkan dapat memberikan kejutan medali emas," kata dia.

Kontingen Indonesia, menurut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu, telah melebihi target dengan menempati peringkat keempat.

"Sampai pukul 18.00 WIB, kontingen Indonesia telah mengoleksi 87 medali dengan rincian 30 emas, 22 perak, dan 35 perunggu. Itu adalah prestasi membanggakan dan sedikit mengejutkan bagi kita. Pada beberapa dekade terakhir, kontingen Indonesia dalam Asian Games ada pada posisi di luar 10 besar," ucap mantan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) itu.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejutan

Kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018 membuat kejutan di sejumlah cabang olahraga, seperti tenis dengan satu emas, balap sepeda dua emas, bulu tangkis dua medali emas, dan panjat tebing yang menyumbang tiga medali emas.

Syafruddin mengatakan perolehan medali emas kontingen Indonesia dalam Asian Games ke-18 itu merupakan hasil pemusatan latihan dan keikutsertaan uji coba atlet-atlet nasional dalam berbagai kejuaraan internasional, seperti Asian Games 2014, SEA Games 2017, dan kejuaraan-kejuaraan tunggal cabang olahraga.

"Kami meminta terus dukungan masyarakat sampai hari terakhir perjuangan kami. Saya terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang selama ini selalu memberikan dukungan kepada para atlet," katanya.

3 dari 3 halaman

Pencak Silat

Cabang pencak silat, kata Syafruddin, menjadi cabang yang paling banyak menyumbang medali emas bagi kontingen Indonesia dengan total 14 medali emas dan satu medali perunggu.

Kontingen Indonesia, hingga Rabu pukul 20.00 WIB, telah mengumpulkan total 88 medali dengan rincian 30 medali emas, 22 medali perak, dan 36 medali perunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.