Sukses

Obor Asian Games 2018 Sangat Bersejarah bagi Kabupaten Sergai

Liputan6.com, Serdang Bedagai Setelah dari Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, rombongan pembawa tinder box api obor Asian Games 2018 singgah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Saat tiba di Kantor Bupati Sergai, tim Inasgoc yang dipimpin direktur ticketing, Sarman Simanjorang, menyerahkan tinder kepada Sekda Sergai, Hadi Winarno, didampingi Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, beserta Ketua KONI Sumut, Jhon Lubis. Tinder box kemudian diserahkan kepada atlet cabang atletik Sergai, Rizki Hadinur. 

Sarman mengatakan, Sergai merupakan kabupaten/kota ke-31 yang disinggahi Inasgoc. Disebutkan, obor Asian Games sangat bersejarah bagi Sergai karena sudah menanti 56 tahun sejak pertama kali diadakan tahun 1962.

"Ini sejarah bagi Sergai, karena belum tentu bisa datang lagi ke sini. Banyak kabupaten/kota yang meminta daerahnya dilewati, tapi tidak bisa. Maknanya, obor lewat Sergei ini akan menciptakan semangat olahraga di Sumut, terutama Sergei," kata Sarman, Selasa (31/7/2018).

Menurut dia, di Sergei banyak potensi anak-anak muda yang berbakat di dunia olahraga. Apalagi Asian Games merupakan pesta terbesar kedua setelah Olimpiade. Pihaknya berharap pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang bisa berjalan sukses.

"Dan target kita berada di 10 besar bisa tercapai," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Doakan

Sekda Sergei, Hadi Winarno, mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Sergei, pihaknya mengucapkan selamat datang kepada tim Inasgoc. Sebab, hal ini merupakan kehormatan bagi warga Sergai.

"Kita doakan dan berharap Asian Games sukses diadakan di Indonesia. Kesuksesan merupakan doa dari anak bangsa," ucapnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Toba Samosir menjadi salah satu dari 51 kabupaten dan kota di Indonesia yang akan melaksanakan festival kirab api obor (torch relay) Asian Games 2018.

Setelah tiba di Bandar Kualanamu, obor yang diletakkan dalam tinder box dibawa menuju rumah pengasingan Bung Karno di Parapat, Simalungun, Rabu, 1 Agustus 2018. Obor dibawa menuju Pantai Bul-Bul Balige, Toba Samosir, pukul 07.00 WIB.

Api obor akan dibawa perahu hias menuju Lantai Bul-Bul dan didampingi oleh jajaran kepala daerah serta Inasgoc. Setibanya di Pantai Bul-Bul, obor kemudian diarak oleh 10 atlet sejauh 2 kilometer, terakhir disulut ke dalam mini kaldron yang telah disiapkan.

Selanjutnya api obor kembali dibawa menuju Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, untuk dibawa menuju Pekanbaru melalui Bandara Silangit sekitar pukul 13.40 WIB.

(Reza Efendi)

Loading